Apa Perbedaan Es Batu Air Mentah dan Air Matang?

Dilihat : 35

Menikmati minuman dingin dengan es batu adalah kenikmatan tersendiri, terutama saat cuaca panas. Es batu juga sering digunakan dalam smoothies untuk memberikan sensasi dingin dan segar. Jika es batu dibuat sendiri di rumah menggunakan air matang, keamanannya lebih terjamin. Namun, menggunakan es batu yang dijual di pasaran bisa berisiko karena beberapa di antaranya mungkin dibuat dari air mentah yang kebersihannya diragukan.

Kejadian di Jakarta Timur Tahun 2015

Pada tahun 2015, pihak kepolisian menemukan sebuah pabrik es batu di Jakarta Timur yang menggunakan air sungai Kalimalang sebagai bahan bakunya. Air sungai ini tidak aman untuk dikonsumsi karena kemungkinan besar mengandung berbagai jenis bakteri berbahaya. Kasus ini menyoroti potensi bahaya dari es batu yang tidak dibuat dengan standar kebersihan yang memadai.

Bahaya Kesehatan dari Air Mentah

Air mentah yang tidak melalui proses sterilisasi seperti perebusan atau penyaringan bisa mengandung berbagai mikroorganisme patogen yang berbahaya bagi kesehatan. Beberapa bakteri enterik yang sering ditemukan dalam air yang tidak aman meliputi:

1.     E. Coli

Efek Kesehatan: Bakteri ini bisa menyebabkan gejala seperti diare, sakit perut, dan muntah. Beberapa strain E. coli bahkan bisa menyebabkan infeksi serius yang memerlukan perawatan medis.

2.     Salmonela

Efek Kesehatan: Infeksi salmonela dapat menyebabkan demam, diare, dan kram perut. Dalam kasus yang parah, infeksi ini bisa menyebar dari usus ke aliran darah dan memerlukan perawatan intensif.


Keamanan Es Batu untuk Konsumsi

Untuk memastikan es batu yang Anda gunakan aman, terutama yang dibeli dari luar, perhatikan beberapa hal berikut:

  • Sumber Air: Pastikan es batu dibuat dari air yang sudah melalui proses perebusan atau menggunakan air yang sudah dipastikan kebersihannya.
  • Tempat Pembelian: Beli es batu dari penyedia yang terpercaya dan memiliki standar kebersihan yang jelas.
  • Kondisi Penyimpanan: Perhatikan cara penyimpanan es batu di tempat penjualan. Es batu yang dibiarkan terbuka dan tidak terjaga kebersihannya bisa terkontaminasi dengan mudah.

Cara Membedakan Es Batu dari Air Mentah dan Air Matang

Es batu merupakan salah satu komponen penting dalam minuman dingin. Namun, ada kekhawatiran tentang kebersihan es batu yang dibuat dari air mentah. Berikut adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk membedakan es batu yang dibuat dari air mentah dan air matang, menurut BPOM:

1.    Warna Es Batu:

o    Es Batu dari Air Mentah: Biasanya berwarna putih atau keruh. Hal ini disebabkan oleh gas yang terperangkap di dalam es saat proses pembekuan.

o    Es Batu dari Air Matang: Umumnya lebih bening karena gas di dalam air telah dilepaskan selama proses perebusan.

2.    Jenis Es Batu:

o    Es Balok: Biasanya dibuat dari air mentah. Es balok sering digunakan untuk tujuan non-konsumsi, seperti mendinginkan daging, ikan, atau makanan laut lainnya. Es ini tidak layak untuk dikonsumsi karena seringkali berasal dari sumber air yang tidak aman.

o    Es Kristal: Dibuat dari air matang dan terlihat lebih bening. Es ini umumnya dianggap lebih aman untuk dikonsumsi.

Penjelasan dari Pakar

Namun, menurut Prof. Muhammad Hanafi dari LIPI, warna es batu tidak selalu bisa menjadi indikator kualitas air yang digunakan. Meskipun air mentah mengandung gas dan bakteri, yang menyebabkan es tampak putih di tengah, warna es batu saja tidak cukup untuk menentukan kualitasnya. Teknologi modern dalam mesin es batu juga dapat menghasilkan es batu yang bening meskipun air yang digunakan tidak direbus terlebih dahulu.

Rekomendasi untuk Konsumsi Aman

Untuk memastikan keamanan es batu yang Anda konsumsi, ada beberapa langkah yang bisa diambil:

  1. Membuat Es Batu Sendiri di Rumah: Ini adalah cara paling aman untuk memastikan es batu yang digunakan terbuat dari air matang.
  2. Memilih Minuman Dingin Tanpa Es di Restoran: Jika ragu dengan kebersihan es batu, lebih baik memesan air dingin yang didinginkan dalam lemari pendingin.
  3. Memeriksa Jenis Es Batu di Restoran Kaki Lima: Hindari es balok yang biasanya dibuat dari air mentah. Perhatikan apakah es batu yang digunakan adalah es balok atau es kristal.

Kesimpulan

Mengidentifikasi es batu yang aman untuk dikonsumsi memang tidak selalu mudah, terutama karena faktor warna tidak selalu akurat. Oleh karena itu, selalu berhati-hati dan pilih es batu dari sumber yang terpercaya untuk memastikan kebersihan dan keamanan konsumsi Anda.

Beberapa rekomendasi buku kesehatan untuk keluarga :

1. Penyakit Anak Yang Wajib Diketahui Oleh Orang Tua

Buku Penyakit Anak Yang Wajib Diketahui Oleh Orang Tua dapat anda dapatkan di toko buku Andi Publisher terdekat di kota anda, atau dibeli melalui website toko buku online kami Anak adalah anugerah yang harus kita jaga. Anak lebih rentan terhadap penyakit dibandingkan orang dewasa. Tak hanya penyakit infeksi, anak juga rentan terhadap penyakit non-infeksi. Pengetahuan tentang penyakit pada anak membuat orang tua lebih waspada dan dapat melakukan tindakan pencegahan atau deteksi dini penyakit yang terjadi pada anak. Pada buku ini, dijelaskan beberapa penyakit yang sering menyerang anak, seperti infeksi saluran pernafasan akut, difteri, bayi kuning, demam naik turun, cacingan, disentri pada bayi hingga penyakit yang jarang terjadi pada anak, namun perlu diketahui gejalanya sejak dini. Penyakit non-infeksi yang banyak terjadi pada anak juga dibahas dalam buku ini, seperti anemia dan obesitas. Beberapa penyakit pada awalnya bahkan tidak memberikan gejala, namun pencegahan dan deteksi dini perlu diketahui orang tua agar anak dapat memiliki tumbuh kembang yang optimal. Buku ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada orang tua sehingga dapat melakukan tindakan pencegahan dan deteksi dini penyakit yang terjadi pada anak.

2. Deteksi Dini Dan Atasi 31 Penyakit Bedah Saluran Cerna (Digestif)

Saluran cerna adalah salah satu organ sangat penting bagi manusia, yang berperan dalam proses transportasi makanan, pencernaan dan memberikan nutrisi pada sel untuk menunjang kehidupan organ-organ vital pada tubuh. Penyakit saluran cerna sangat beragam dan seringkali penyakit ini tidak terdeteksi sejak dini, sehingga faktor resiko dan penanganan yang tepat serta optimal tidak dapat dilakukan sedari dini. Buku ini mengajak pembaca umum, paramedis dan juga medis untuk mengajak secaramudah dengan bahasa sederhana berdasar literature dan juga pengalaman penulis mengenai cara mencegah, mendeteksi dini dan mengatasi penyakit saluran cerna yang memerlukan pembedahan. Salam sehat!

3. Praktis Dan Jitu Atasi Penyakit, Infeksi, Dan Problematika Kesehatan, The Art Of Infections Diseases

Pengetahuan tentang ragam penyakit bagi orang awam dibutuhkan sebagai informasi dini bagaimana seharusnya melangkah ketika menghadapi berbagai sakit yang dideritanya. Lebih penting dari itu, pengetahuan untuk berkembang dalam kebiasaan sehat-pun tidak kalah pentingnya bagi setiap orang. Mulai dari infeksi, diare, hepatitis dan leptospirosis, HIV-AIDS, radang, demam, problematika saluran pernapasan, batu ginjal pemicu infeksi saluran kemih, keracunan, hingga dinamika kesehatan terkini yang berkembang pada masyarakat modern. Pengenalan terhadap informasi penanganan dini adalah hal penting untuk tetap mempertahankan tubuh kita sehat wal’afiat. Buku ini menarik untuk dibaca oleh siapa saja, terutama orang yang tidak memiliki dasar pendidikan kesehatan. Buku ini membantu setiap orang untuk mampu menangani atau mencegah secara dini agar kita tidak jatuh pada kubangan penyakit yang semakin parah. Semoga buku ini bermanfaat, pembaca dapat lebih memahami, dan bisa diaplikasikan oleh semua kalangan guna membantu mengatasi berbagai penyakit infeksi dan dinamika kesehatan. Terlebih lagi dengan keberadaan sang Editor Ahli, yakni Prof. TarunaIkrar, M.D., M.Pharm., Ph.D., dan juga kedua penulis yang tentunya membuat kredibilitas, reliabilitas, dan validitas buku ini semakin kuat dan tak perlu diragukan lagi. Selamat membaca dan memetik manfaat dari buku ini.

4. Mengenali Gangguan Makan Pada Anak Dan Cara Mengatasinya

Buku ini ditujukan untuk para orang tua yang memiliki anak dengan gangguan makan. Di dalamnya berisi tentang macam-macam dan cara memahami gangguan makan, penyebab-penyebab gangguan makan, hal-hal yang harus dipahami, serta penanganan gangguan makan pada anak. Contoh kasus disertai ilustrasi-ilustrasi untuk membedakan tipe-tipe gangguan makan yang berbeda. Penulis menganalogikan proses pembuatan roti untuk menggambarkan penyebab gangguan makan. Dengan mengetahui gejala-gejala gangguan makan, para orang tua dan praktisi bisa mengetahui seorang anak atau remaja mengalami gangguan makan. Selain itu, penulis juga mencantumkan beberapa saran untuk bacaan lebih lanjut jika diperlukan.

5. Aku Bisa Sehat, Sembuh

Buku Aku Bisa Sehat, Sembuh dapat anda dapatkan di toko buku Andi Publisher terdekat di kota anda, atau dibeli melalui website toko buku online kami Pola makan dan minum merupakan cermin status kesehatan kita. Gaya hidup dan pola makan dan minum yang salah dalam jangka panjang akan mengakibatkan gangguan yang serius pada kesehatan kita. Dalam buku ini nutrisi dan olahraga yang akan dibahas merupakan pola makan dan gaya hidup sehat yang adekuat. Serta apa yang disebut sebagai diet adekuat. Bagaimana diet yang sehat dengan mencukupkan vitamin, mineral, maupun gizi makro dan gizi mikro sehingga kita tidak hanya sehat tetapi juga mampu untuk sembuh dan pulih kembali. Vitamin membuat fungsi indra kita berjalan, mineral memastikan kepadatan tulang kita terjamin. Lebih jauh buku ini juga akan menjelaskan tentang lemak, karbohidrat, protein, dan masih banyak lagi hingga olahraga yang bisa kita lakukan di rumah untuk menjaga agar kita tetap bugar dan fit.