Keunikan & Bahaya dari Capybara alias Masbro

Dilihat : 146

Capybara sering disebut "Masbro" oleh netizen Indonesia karena hewan ini sangat santai dan ramah terhadap sesama hewan maupun manusia. Hewan ini hidup di sekitar daerah yang tergenang air di Amerika Tengah dan Selatan, paling sering ditemukan di rawa-rawa, sungai, dan danau. Hewan ini hidup dalam kawanan sekitar 20 individu dan dapat merasa tertekan jika tidak memiliki setidaknya satu teman. Selanjutnya adalah penjelasan tentang keunikan dan bahaya apa yang bisa manusia dapatkan ketika bersama hewan ini.

 

Keunikan

 

Capybara merupakan hewan pengerat terbesar yang bisa mencapai berat 70 kg dan panjang hampir 1,4 meter. Selain menjadi yang terbesar, capybara juga merupakan satu-satunya hewan pengerat yang berkeringat karena memiliki kelenjar keringat di kulit berbulu mereka. Mengutip dari A-Z Animals, tubuh Capybara yang cukup lambat dan lembut membuatnya menjadi target sejumlah predator seperti Jaguar, Puma, Ocelot, Caiman, Elang, Anaconda, dan manusia yang memburu mereka untuk daging dan kulitnya. Meski bukan penyerang yang baik, Capybara ahli dalam menghindari predator di alam. Mata, telinga, dan lubang hidungnya terletak di bagian atas kepala, memungkinkan mereka tetap memiliki penglihatan, pendengaran, dan penciuman yang baik saat berada di dalam air. Ketika terancam, capybara akan masuk ke dalam air untuk bersembunyi dan mampu menahan napas hingga lima menit.

Bahaya

Capybara adalah hewan herbivora, sehingga mereka bukan pemangsa dan tidak bersikap agresif. Meskipun tidak menyerang, manusia sebaiknya tidak menyudutkan atau mengejutkannya agar mereka tidak merasa terancam. Penting untuk diingat bahwa Capybara adalah hewan liar yang bisa terserang kutu. Mereka terkadang terserang kutu yang membawa bakteri Rickettsia rickettsii yang menyebabkan demam berbintik Rocky Mountain. Ada juga kemungkinan manusia tertular penyakit Leptospirosis jika bersentuhan dengan urin dan darah capybara, baik secara langsung maupun melalui benda, air, dan tanah yang terkontaminasi.

Demikian keunikan dan bahaya dari Capybara. Capybara adalah hewan yang memiliki banyak keunikan dan bertingkah lucu karena sering bersosialisasi dengan banyak hewan. Meskipun demikian, tetaplah menjaga jarak untuk menghindari bahaya yang bisa terjadi, terutama saat bertemu di alam bebas. Saat bertemu di tempat yang aman seperti kebun binatang dan diperbolehkan untuk menyentuhnya di bawah pengawasan penjaga, tidak perlu terlalu takut karena pada dasarnya Capybara tidak agresif. Selalu jaga kebersihan sebelum dan sesudah berinteraksi dengan hewan liar agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.