Cara Memotong Daging Agar Terasa Empuk

Dilihat : 112
Memotong daging memiliki beberapa cara. Daging yang dipotong dengan cara yang benar dapat menghasilkan daging yang empuk.


Memotong daging atau butchery adalah salah satu ilmu yang wajib dipelajari ketika memasak. Hal ini dikarenakan ternyata memotong daging dapat berpengaruh terhadap rasa yang dihasilkan. Salah satunya cara memotong daging agar terasa empuk, baik saat dimasak dan setelah selesai dimasak. Untuk mendapatkan daging yang empuk, tentu ada beberapa cara khusus sebagai berikut.


Membersihkan Lemak Daging

Ilustrasi Memotong Lemak Daging/yummy.ph

Cara pertama yang dapat kita lakukan adalah dengan membersihkan lemak yang menempel pada daging. Lemak tersebut biasanya berbentuk selaput putih yang menutupi daging. Kita bisa menghilangkan lemak daging dengan cara menarik atau memotongnya dengan menggunakan pisau yang tajam. 


Berlawanan dengan Serat


Ilustrasi Memotong Daging seperti Dadu/cutco.com

Daging memiliki serat-serat yang dapat terlihat oleh kita. Serat-serat tersebut dapat kita gunakan sebagai panduan dalam memotong daging. Daging yang empuk harus dipotong berlawanan dengan serat. Jika kita memotong daging mengikuti seratnya maka daging tetap akan terasa alot ketika dimasak dan setelah selesai dimasak. Selain itu, kita bisa memotong daging berbentuk dadu dengan tetap memotongnya berlawanan dengan serat.


Gunakan Panci Presto


Daging Presto/asianfoodnetwork.com

Cara ampuh dalam menghasilkan daging yang empuk selanjutnya adalah dengan merebus daging di panci presto. Daging yang direbus dengan menggunakan panci presto hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Namun jika kita ingin merebus daging menggunakan panci biasa, kita dapat merebusnya selama dua jam dengan rempah-rempah sehingga membuat daging terasa empuk dan bumbunya meresap.