7 Gizi Penting yang Harus Dipenuhi Agar Tubuhmu Tetap Sehat

Gizi menjadi hal penting bagi tubuh manusia. Terdapat tujuh gizi yang harus dipenuhi oleh manusia setiap harinya. 


Gizi adalah aspek yang berhubungan dengan zat-zat dasar dalam makanan yang berfungsi dalam menghasilkan energi, pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan serta mengatur proses metabolisme dalam tubuh. Gizi seimbang terdiri dari susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jumlah dan jenis yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Kebutuhan tubuh ini juga beragam, berbeda sesuai dengan jenis kelamin, umur dan status kesehatan. 


Makanan Bergizi/theconversation.com

Tubuh yang tidak tercukupi gizinya rentan beresiko terkena kekurangan gizi seperti anemia dan berat badan yang kurang. Sementara itu, tubuh yang mendapatkan gizi berlebih (obesitas) dapat beresiko terjadinya penyakit degeneratif seperti hipertensi, jauntung koroner dan diabetes melitus. Oleh karena itu, tubuh harus dipastikan mendapatkan gizi yang cukup, tidak kurang dan tidak berlebih. Lalu, apa saja sih gizi yang penting untuk dipenuhi agar tubuh tetap sehat? Simak selengkapnya, yuk!


1. Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh. 40% kalori di tubuh kita bersumber dari karbohidrat atau setara dengan tiga porsi nasi putih/hari.


2. Protein

Protein berguna untuk pertumbuhan dan perbaikan sel. Perempuan membutuhkan 36 gram protein sementara laki-laki membutuhkan 44 gram protein setiap harinya. Ini setara dengan 1-2 dada ayam.

3. Lemak


Lemak adalah sumber energi yang berfungsi untuk membantu menyerap vitamin A, D, E dan K serta pembentukan hormon di dalam tubuh. Sumber lemak terbaik berasal dari alpukat, kacang-kacangan, sayur hijau dan buah-buahan.


4. Vitamin

Vitamin sangat penting karena berfungsi sebagai metabolisme tubuh dan untuk merawat sel tubuh. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan anemia, batuk pilek, eczema, hipertensi, kanker, osteoporosis, penuaan dini, penyakit ginjal, penyakit mata dan sakit ketika haid/menstruasi. Vitamin bisa ditemukan dalam buah dan sayur.


5. Mineral 

Mineral sangat penting untuk pertumbuhan dan proses metabolisme sel tubuh, mulai dari rambut, kulit, tulang hingga sel darah. Mineral yang dibutuhkan oleh tubuh terbagi menjadi dua, yaitu mineral mayor dan mineral minor. Mineral mayor dibutuhkan dalam jumlah 100 mg per hari. Sementara itu, mineral minor dibutuhkan dalam jumlah kecil oleh tubuh.


6. Serat Tumbuhan 

Serat tumbuhan atau serat makanan adalah bagian dari makanan yang tidak dapat dipecah oleh tubuh dan berfungsi dalam menjaga sistem pencernaan. Serat tumbuhan dapat dikonsumsi melalui sayuran hijau dan makanan tinggi karbohidrat dan protein seperti gandum, sorghum, edamame dan tempe.


7. Air

Tubuh manusia terdiri dari 65% air. Kandungan air dalam tubuh dapat berkurang lewat pencernaan, pernapasan, keringat dan urin. Air dapat diperoleh melalui air mineral atau makan sayur buah yang memiliki kandungan air yang tinggi seperti timun, semangka dan jeruk.




Gizi menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan bagi kita terutama di situasi pandemi Covid-19 ini. Gizi yang cukup dapat membuat tubuh kita tetap sehat dan terbebas dari penyakit. Oleh karena itu, kita bisa membacanya lewat buku Pedoman Gizi Lengkap Keluarga dan Olahragawan, Edisi Revisi. Buku tersebut akan membantu kita memahami dan menjaga kesehatan terutama di masa pandemi Covid-19 ini.