Pentingnya Bahasa Mandarin dalam Dunia Bisnis

Dilihat : 366
Bahasa Mandarin menjadi bahasa yang penting untuk dipelajari. Terutama dalam dunia bisnis.


Bahasa Mandarin adalah salah satu dari sekian banyak bahasa yang penting untuk dipelajari. Hal ini dikarenakan bahasa Mandarin memiliki penutur asli terbanyak di dunia, yaitu sebanyak 1,17 miliar. Selain itu, adanya pengaruh Tiongkok dalam perekonomian dunia juga membuat bahasa Mandarin penting untuk dipelajari, Oleh karena itu, saat ini banyak perusahaan yang mulai memiliki persyaratan berupa kemampuan bahasa Mandarin dalam merekrut karyawan baru. 


Negara Kedua Ekonomi Terbesar


Shanghai/china-briefing.com

Tiongkok saat ini menjadi negara kedua dengan ekonomi terbesar di dunia. Tiongkok memiliki GDP sebesar 14,14 triliun dolar Amerika. Tidak hanya memiliki GDP yang besar, banyak juga perusahaan Tiongkok yang berhasil memimpin di berbagai bidang. Seperti, Alibaba, Tencent, TikTok dan Xiaomi. Perusahaan raksasa tersebut telah membuka pabrik dan kantornya di berbagai negara.


Jejak kesuksesan Tiongkok berawal ketika Tiongkok berhasil masuk ke dalam World Trade Organization (WTO) pada akhir 2001 lalu. Hal ini berhasil mengubah perekonomian Tiongkok mulai dari kapasitas perdagangan, kapitalisasi pasar hingga kemajuan teknologi. Sejak bergabung dengan WTO inilah, Tiongkok gencar memproduksi barang-barang yang menopang standar hidup dunia Barat sehingga membuat Tiongkok mulus masuk ke dalam rantai perusahaan-perusahaan terbesar di dunia.


Bahasa Mandarin untuk Bisnis


Kerja Sama/inc.com

Mahir berbahasa Mandarin memiliki keuntungan tersendiri bagi kita. Salah satunya adalah mampu membantu kita berinteraksi dengan komunitas Tiongkok untuk mengetahui budaya dan tren bisnis yang ada di Tiongkok saat ini. Hal ini dapat membantu kita menambah wawasan bisnis terutama dalam bisnis internastional yang juga dapat membantu kita mengetahui tren perdagangan, keterampilan perdagangan baru dan cita-cita relevan secara ekonomi. Selain itu, kita juga bisa membangun kerja sama bisnis dengan perusahaan Tiongkok jika bisa berbahasa Mandarin.


Hal yang harus diketahui adalah mitra bisnis Tiongkok akan sangat menghormati orang-orang yang fasih berbahasa mereka karena artinya kita bersungguh-sungguh dibandingkan ketika kita menggunakan penerjemah. Menggunakan penerjemah justru akan mencegah kita membangun hubungan yang lebih pribadi dengan mereka. Selain itu, belajar bahasa Mandarin dapat membuat kita lebih memahami etiket bisnis yang membuat mereka semakin memberikan kita nilai tambahan.



Belajar bahasa Mandarin untuk bisnis dapat kita pelajari melalui buku Bahasa Mandarin Praktis untuk Bisnis, Lengkap dengan Fonetik dan Daftar Kosakata. Buku ini berisi topik-topik yang sering kita jumpai dalam bisnis seperti menjemput tamu, berkenalan, memesan kamar, di hotel, menelepon, janji untuk bertemu, jamuan makan, dan lain-lain. Buku ini juga berisikan daftar kosa kata yang akan memperkaya kosa kata kita.