Mengenal Sejarah Imlek yang Sudah Dirayakan Sejak 3500 Tahun Lalu

Dilihat : 118
Imlek sudah dirayakan sejak 3.500 tahun lalu. Imlek biasanya dirayakan oleh etnis Tionghoa.


Imlek atau Tahun Baru Cina merupakan salah satu hari besar bagi etnis Tionghoa di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, Imlek juga dirayakan di negara Asia lainnya seperti Jepang, Korea dan Singapura. Imlek sebenarnya dikenal sebagai Hari Raya Musim Semi di mana Imlek menandakan pergantian musim dari hujam ke semi. Imlek sendiri berasal dari negara China dan sudah dirayakan sejak 3.500 tahun yang lalu. 


Imlek dimanfaatkan oleh petani di China untuk bercocok tanam dengan tujuan untuk memiliki nilai ekonomi sebagai akibat dari perubahan cuaca. Imlek pada awalnya dirayakan oleh petani di China sebagai rasa syukur atas hasil pertanian yang telah dicapai mereka. Hal ini yang kemudian menjadikan Imlek sebagai ritual wajib yang terus menerus dilakukan oleh petani dan kemudian terus diturunkan ke anak cucu mereka. 


Penetapan Imlek


Selamat Imlek 2022/bola.com

Imlek di masa kepemimpinan Dinasti Qin masih belum jelas tanggalnya. Namun ketika masa kepemimpinan jatuh di tangan Dinasti Xia, Imlek ditetapkan pada bulan pertama. Kemudian di masa Dinasti Shang ditetapkan pada bulan ke-12 dan Dinasti Zhou ditetapkan pada bulan ke-11. Setelah itu di masa akhir kepemimpinan Dinasti Han ditetapkan perayaan Imlek jatuh pada bulan pertama menurut perhitungan kalender China yang terus berlaku hingga sekarang. 


Sementara itu, di Indonesia perayaan Imlek dirayakan semenjak kedatangan etnis Tionghoa. Setiap tahun juga diadakan berbagai kegiatan. Seperti beribadah, membersihkan rumah, membuat kue keranjang, menonton pertunjukan barongsai, mengenakan pakaian dan ornamen serba merah serta membagikan angpao. Perayaan Imlek berlangsung selama 15 hari. 


Rangkaian Perayaan Imlek


Cap Go Meh/media.suara.com

Rangkaian perayaan Imlek di Indonesia dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Imlek, Sembahyang Tuhan Allah dan Cap Go Meh. Pada tahun ini perayaan Cap Go Meh jatuh pada 15 Februari 2022. Cap Go Meh adalah penutupan dari rangkaian perayaan Imlek. Secara harafiah, Cap Go berarti 15 dalam Hokkien. Oleh karena itu, Cap Go Meh jatuh pada hari ke-15 setelah Imlek. Selain itu, tanggal ditetapkan bertepatan dengan munculnya bulan purnama. 



Dalam rangka merayakan Imlek di tahun 2022, Andi Publisher mengadakan diskon besar-besaran hingga 45% di Shopee Mall penerbitandiofficial. Diskon Imlek berlaku dari tanggal 1 Februari sampai 28 Februari 2022.