Dari Bangsa Viking ke Denmark: Negara Paling Anti Korupsi dan Damai di Dunia

Dilihat : 86

Negara Denmark berada di Eropa Utara bagian selatan-tengah. Negara dengan 80% warganya bermata pencaharian di industri jasa ini meraih banyak nominasi. Melalui penelitian Global Peace Index (GPI), tiap tahunnya Denmark selalu menempati top 3 negara paling damai dibanding 163 negara lainnya. Hal ini juga dipengaruhi oleh SDM di Denmark yang menjaga kedamaian dan keamanan di lingkungan sekitar.

 

Transparency International kembali menobatkan Denmark menjadi negara paling bersih dari korupsi sepanjang 2023. Sudah tercatat enam kali secara berturut-turut predikat tersebut Denmark pegang. Walau negara ini merupakan salah satu negara dengan pajak tertinggi, namun warganya tetap patuh dalam pembayaran pajak. Kepatuhan tersebut lantaran rasa kepercayaan akan pemerintahannya serta bukti nyata melalui fasilitas fasilitas yang warga dapatkan.

 

Denmark meraih posisi pertama dalam IMD World Competitiveness Ranking (WCR) yang secara agresif menjadi terdepan dalam keberlanjutan. Dalam 10 tahun pemerintah Denmark memiliki target ambisius untuk mengurangi emisi sampai 70%. Lingkungan yang bersih ini digemari oleh banyak orang sebagai destinasi wisata. Hal ini didukung dengan banyaknya lokasi wisata dan 4 musim yang memberikan keragaman suasana di Denmark. Salah satu yang paling terkenal adalah Helgoland yang merupakan kolam renang air laut yang diyakini sebagai kolam tertua di Denmark.

 

Negara Denmark yang dikelilingi air ini memiliki lebih dari 400 pulau. Tentunya di tepi pulau tersebut terdapat pantai pantai indah yang dapat dikunjungi. Salah satu yang paling terkenal berada di Klitmøller. Pantai Pantai ini disebut Cold Hawaii karena sama seperti Hawaii yang cocok untuk berselancar dengan iklim yang dingin. Pantai ini disebut oleh beberapa orang sebagai salah satu tempat di Eropa dengan ombak terbaik. selain menarik wisatawan, Negara Denmark juga menarik banyak pelajar karena Denmark memberikan banyak beasiswa bagi pelajar dalam negeri maupun luar negeri.

 

Denmark memiliki segudang daya tarik untuk para wisatawan berkunjung dan  para pelajar menempuh pendidikan. Kesejahteraan bagi warga di negara tersebut terjamin sebab tingkat kriminalitas yang rendah dan warga yang menciptakan lingkungan yang damai. Negara ini menjadi salah satu negara destinasi yang patut di kunjungi ketika kalian berkunjung ke Eropa.