5 Tips Mencegah Terpapar Omicron, Varian Baru Covid-19

Dilihat : 194
Pandemi Covid-19 masih berlanjut hingga saat ini. Bahkan muncul varian baru dari Covid-19, Omicron. 


Pandemi Covid-19 masih menghantui seluruh dunia terutama setelah munculnya varian baru dari Covid-19, Omicron. Beberapa negara yang sudah terpapar kembali mengencangkan sabuk pengaman mereka. Termasuk Indonesia yang juga sudah terpapar oleh Omicron. Kasus pertama Omicron terjadi pada salah satu Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru saja datang dari Nigeria pada 27 November 2021. 


Kasus Omicron di Indonesia saat ini sudah cukup banyak. Sebagian besar dari kita pasti merasa khawatir karena takut terpapar. Walaupun begitu, kita tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah diri kita terpapar Omicron. Yuk, simak tips berikut ini!


1. Melakukan Vaksinasi


Vaksin Covid-19/paho.org

Cara yang dapat kita lakukan pertama kali adalah dengan melakukan vaksinasi. Vaksinasi adalah cara yang terbaik untuk mencegah penyakit dan kematian. Bahkan tingkat vaksinasi yang lebih tinggi dapat meminimalisir peluang kita terkena virus corona baru yang dapat menyebar dan berkembang menjadi varian baru seperti Omicron. Kita bisa mendapatkan vaksin booster sebagai vaksin yang dapat mencegah kita terpapar Omicron. 


2. Patuhi Aturan Setelah Bepergian


Peraturan/fool.org

Selain mendapatkan vaksin, kita juga harus mematuhi aturan setelah bepergian terutama bepergian jauh seperti dari luar negeri. Kita perlu menjaga jarak terutama ketika sedang mengantre. Kita juga bisa mematuhi panduan COVID-19 yang berlaku saat tiba di bandara, pelabuhan dan stasiun. Selain itu, kita juga bisa mematuhi peraturan wajib karantina untuk mencegah diri kita terpapar Omicron dan menyebarkan Omicron pada orang sekitar. 


3. Mencuci Tangan


Mencuci Tangan/thejakartapost.com

Tips berikutnya adalah dengan rajin mencuci tangan. Mencuci tangan dapat mencegah kita terpapar Omicron karena mencuci tangan dapat membunuh kuman penyakit. Usahakan untuk mencuci tangan dengan air dan sabun. Lalu bilaslah tangan dengan air yang mengalir. Kita juga bisa rajin menggunakan pembersih tangan atau hand sanitizer.


4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Makanan Sehat/helpguide.org

Tips berikutnya adalah meningkatkan imun dan menjaga pola hidup sehat. Kita bisa mulai mengonsumsi makanan bergizi dengan perbanyak makan buah, sayur dan vitamin. Kita juga bisa berolahraga agar kekebalan tubuh kita semakin meningkat. Kita juga harus memastikan agar kita makan dengan teratur dan tidak melewatkan jam makan terutama bagi kita yang memiliki rutinitas sibuk. 


5. Menggunakan Masker


Menggunakan Masker/cnnindonesia.com

Tips lainnya yang dapat kita lakukan adalah dengan menggunakan masker ketika berpergian. Masker dapat membantu kita dalam menahan kuman penyakit yang akan masuk ke dalam saluran pernapasan. Oleh karena itu, kita harus terus memastikan untuk memakai masker terutama ketika sedang berada di tengah kerumunan. 



Pencegahan Omicron menjadi salah satu fokus yang harus kita lakukan saat ini. Secara lebih lanjut kita bisa membaca buku CORONAVIRUS, Sars - Mers - Covid-19 karya Prof. Drh. H. R. Wasito, M.Sc., Ph. D dan Prof. Drh. Hj. Hastari Wuryastuti, M.Sc., Ph. D untuk mengetahui secara lengkap mengenai Covid-19. Dalam buku ini kita juga bisa belajar pencegahan terpapar Covid-19.