5 Tips Mahir Bahasa Jepang Secara Otodidak

Dilihat : 275
Bahasa Jepang menjadi bahasa yang tak kalah penting untuk dipelajari selain bahasa Inggris. Belajar bahasa Jepang bisa  dilakukan secara otodidak. 


Bahasa asing sangat penting untuk dipelajari saat ini. Hal ini dikarenakan kemampuan berkomunikasi dengan banyak bahasa menjadi aset penting bagi diri sendiri teruatama dalam dunia pekerjaan. Selain itu, belajar bahasa asing dapat meningkatkan perkembangan otak manusia. Hal ini dikarenakan belajar bahasa asing membuat kita menghafal lebih banyak kata-kata baru sehingga otak kita terlatih untuk menyimpan memori dan mampu menurunkan potensi terkena Alzheimer. 


Salah satu bahasa asing yang dapat kita pelajari selain bahasa Inggris adalah bahasa Jepang. Belajar bahasa Jepang memberikan keuntungan tersendiri, baik dalam dunia bisnis dan juga pendidikan. Mengingat Jepang termasuk ke dalam negara maju dalam perkembangan teknologi. Oleh karena itu, tidak jarang orang memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikannya di Jepang terutama dalam bidang sains. Walaupun begitu, banyak orang yang mengurungkan niatnya untuk belajar bahasa Jepang karena biaya les bahasa Jepang yang mahal. Padahal belajar bahasa Jepang bisa dilakukan secara otodidak. Yuk, simak selengkapnya!


1. Menghafal Hiragana 


Tabel Hiragana/omniglot.com

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menghafal hiragana. Banyak orang yang merasa kesulitan dalam menghafal hiragana. Padahal menghafal hiragana tidak sesulit itu. Kita bisa menulis tulisan A-Ka-Sa-Ta-Na-Ha-Ma-Ya-Ra lalu diurutkan ke bawah. 


2. Post It Note 


Ilustrasi Post It Note/goodhousekeeping.com

Gunakan post it note untuk membantu kita mengingat kata sehari-hari. Seperti, sapaan sederhana selamat pagi, selamat siang dan selamat malam. Kita bisa menempelkannya di depan pintu kita sehingga kita bisa mengingatnya dengan baik.


3. Aksen 


Youtuber Hajime Syacho/newsdirectory3.com

Cara selanjutnya agar kita semakin terdengar fasih dalam berbahasa Jepang adalah dengan menonton saluran Youtube orang Jepang. Kita bisa mendengar aksen yang dikeluarkan Youtuber Jepang dan mencontohnya dengan cara mempraktikannya. 


4. Belajar Aksara Kanji 


Aksara Kanji/thought.co

Aksara kanji adalah aksara Jepang selain hiragana dan katakana. Aksara kanji adalah huruf yang sangat penting untuk dipelajari karena hampir semua penanda di jalan raya dan di berbagai produk menggunakan akasara kanji. Cara mudah menghafal kanji ada beberapa langkah. Langkah pertama adalah dengan mengasosiasikan kanji yang kita tulis dengan suara benda. Kanji pohon  yang memang mirip pohon. Lalu kita tinggal menghafal garis per garisnya. 


5. Praktik 


Belajar Bersama Teman/dissolve.com

Cara terakhir adalah dengan mempraktikkan apa yang telah kita pelajari. Kita bisa  mempraktikannya dengan teman yang juga belajar bahasa Jepang atau bahkan mencari teman yang berasal dari Jepang. Praktik dapat membuat kita lebih luwes dalam berkomunikasi dengan bahasa Jepang. 




Cara lain yang dapat kita lakukan adalah dengan belajar bahasa Jepang melalui buku Momiji, Mahir Berbahasa Jepang Tanpa Guru. Buku ini dapat membantu kita dalam mahir berbahasa Jepang tanpa harus mengeluarkan biaya ekstra di tempat les bahasa Jepang. Hal ini dikarenakan buku ini berisikan pelajaran bahasa Jepang yang sangat lengkap. Oleh karena itu, sangat memungkinkan bagi kita untuk belajar bahasa Jepang secara otodidak