5 Manfaat Penting dari Belajar Bahasa Asing

Dilihat : 126
Belajar bahasa asing memiliki banyak manfaat untuk diri kita. Hal ini dikarenakan mempelajari bahasa asing dapat mendorong pertumbuhan otak. 


Mempelajari bahasa asing dapat sangat merepotkan karena memiliki kesulitan. Selain itu, adanya pemikiran bahwa bahasa asing tidak terlalu berguna karena tidak semua memiliki kesempatan untuk pergi keliling dunia. Sebut saja bahasa Mandarin memiliki banyak karakter yang memusingkan dan nada bicara yang berbeda-beda. Adapun bahasa Inggris yang terus kita pelajari juga memiliki grammar yang sulit. 


Mempelajari bahasa asing ternyata memiliki banyak manfaat, khususnya dalam meningkatkan kemampuan otak. Mempelajari bahasa asing juga dapat meningkatkan kualitas diri kita. Yuk, simak manfaat belajar bahasa asing!


1. Meningkatkan Daya Ingat 


Ilustrasi Daya Ingat/zonamahasiswa.id 

Mempelajari bahasa asing ternyata dapat meningkatkan daya tingkat otak. Hal ini ketika kita mempelajari bahasa asing, otak didorong untuk mengingat kata-kata tertentu. Manfaat ini dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh Julia Morales dari Universitas Granada Spanyol. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa anak yang bisa dua bahasa lebih mampu mengingat memori lebih baik dibandingkan anak yang hanya bisa satu bahasa.


2. Meningkatkan Konsentrasi 


Ilustrasi Konsentrasi/livescience.com 

Mempelajari bahasa asing ternyata dapat meningkatkan konsentrasi. Hal ini dibuktikan melalui penelitian pada 2010 yang dilakukan oleh Ellen Bialystok dan Fergus I. M. Craik. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang yang bisa lebih dari satu bahasa memiliki kontrol dan konsentrasi lebih kuat. Selain itu, memiliki kemampuan dalam memilah informasi penting dan tidak penting lebih baik dibandingkan mereka yang hanya bisa satu bahasa. 


3. Meningkatkan Kreativitas 


Ilustrasi Berpikir Kreatif/kuliahdimana.id

Penelitian yang dilakukan oleh Kathryn Bamford dan Donald Mizokawa memberikan hasil bahwa mereka yang bisa lebih dari satu bahasa asing memiliki tingkat kreativitas yang lebih tinggi dibandingkan dari mereka yang hanya bisa satu bahasa saja. Hal ini dikarenakan mereka yang baru memulai belajar bahasa asing mendorong diri mereka sendiri untuk menyebutkan frasa yang sama karena belum bisa mengingat kata-kata asli. 


4. Meningkatkan Problem Solving 


Ilustrasi Memecahkan Masalah/ekrut.com

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak yang mahir lebih dari satu bahasa lebih unggul dalam memecahkan masalah dibandingkan mereka yang hanya bisa satu bahasa. Hal ini dikarenakan tingkat kreativitas dan fleksibilitas otak mereka lebih unggul dibandingkan mereka yang hanya bisa satu bahasa. 


5. Memperlambat Penurunan Kognitif


Ilustrasi Kognitif/diagnostichealthandinjury.com

Penelitian yang dilakukan oleh Thomas H. Bak, Jack J. Nissan, Michael M. Alherland dan Ian J. Deary pada 2014 menunjukkan bahwa mereka yang bisa lebih dari satu bahasa mengalami penurunan kognitif lebih lambat dari mereka yang hanya bisa satu bahasa. Kognitif berupa pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisa, evaluasi dan lain-lain. 


Yuk, mulai belajar bahasa asing bersama dengan Andi. Selain mendapatkan banyak manfaat dari belajar bahasa asing, kita juga bisa mendapatkan harga ramah kantong karena ada Festival Bahasa yang diadakan dari 24 Januari 2022 sampai 31 Januari 2022. Banyak promo menarik yang sayang untuk dilewatkan, lho! Yuk, segera meluncur!