5 Tips Investasi Untung Ala Warren Buffet

Investasi menjadi hal yang banyak dijalani oleh orang di era ini. Investasi memberikan banyak keuntungan jika dilakukan dengan tepat. 


Investasi adalah kegiatan menanam modal atau dana dengan tujuan memperoleh keuntungan di masa depan dalam jangka waktu tertentu. Investasi dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Investasi jangka pendek dilakukan agar memperoleh keuntungan dengan periode waktu yang relatif pendek atau dalam kurun waktu satu hingga tiga tahun. Namun investasi jangka pendek memiliki keuntungan yang juga relatif kecil. Salah satu investasi jangka pendek yang banyak dilakukan oleh orang adalah pasar saham. 


Saham adalah surat yang menjadi bukti ketika seseorang memiliki bagian dari modal suatu perusahaan sehingga dapat dikatakan orang tersebut memiliki hak atas aset perusahaan. Orang yang memiliki sekian persen saham di suatu perusahaan berhak memperoleh dividen atau keuntungan dari perusahaan tersebut berdasarkan anggaran dasar perusahaan yang telah ditetapkan. Walaupun terdengar menggiurkan, investasi saham juga memiliki tips yang penting untuk diperhatikan agar terhindar dari kerugian. Yuk, simak 5 tips investasi untung ala Warren Buffet!


1. Memahami Perusahaan


Memahami Perusahaan/online.hbs.edu

Berinvestasi memang menggiurkan namun berinvestasi juga memberikan resiko. Kitat tidak bisa sembarang melakukan investasi kepada suatu perusahaan. Hal ini dapat memberikan kerugian alih-alih keuntungan. Oleh karena itu, kita perlu memahami ke siapa kita menginvestasikan uang kita dan apa yang akan mereka lakukan dengan uang kita. 


2. Memposisikan Diri 


Ilustrasi Memposisikan Diri/youthincmag.com

Tips kedua yang dapat dilakukan adalah dengan memposisikan diri sebagai pemilik perusahaan bukan spekulan. Hal ini dikarenakan ketika kita berinvestasi, kita berinvestasi pada potensi dan prospek pertumbuhannya. Hal ini dikarenakan ketika kita berinvestasi, kita otomatis menjadi bagian dari kepemilikan perusahaan tersebut terlepas dari ukuran investasi, 


3. Keserakahan dan Ketakutan


Ilustrasi Diskusi Investasi/businessenglishpod.com

Pasar saham akan selalu mengalami pasang surut yang disebabkan karena adanya faktor seperti keserakahan dan ketakutan. Saat-saat inilah yang harus membuat kita berhati-hati karena akan ada banyak perusahaan yang terlihat menarik dari sudut pandang pengembalian dan adanya sentimen pasar yang sedang euforia karena memiliki banyak investor. Banyak perusahaan yang menjadi mahal karena hal tersebut namun juga memberikan resiko pada investasi tersebut. Oleh karena itu, kita perlu mengatur keserakahan dan ketakutan kita. 


4. Jangan Meminjam Uang


Ilustrasi Meminjam Uang/tycoonstory.com

Tips selanjutnya adalah jangan pernah meminjam uang untuk berinvestasi. Hal ini dikarenakan kondisi pasar saham tidak pernah menetap dan selalu berubah-ubah. Oleh karena itu, jangan pernah meminjam karena akan ada resiko ketika keuntungan tidak sebanding dengan jumlah uang yang diinvestasikan


5. Jangan Perhatikan Pasar Saham Secara Teratur


Ilustrasi Analisis/utechia.com

Pasar saham selalu bergerak naik turun sehngga akan memicu rasa ketakutan akan kerugian. Oleh karena itu, kita perlu fokus pada perusahaan dan dana tempat kita berinvestasi dibandingkan pergerakan harga harian.  Hal ini untuk menghindari kita terprovokasi membuat keputusan yang salah. 



Tips investasi saham ala Warren Buffet dapat disimak secara lebih lanjut dalam buku Jeli Investasi Saham Ala Warren Buffet, Strategi Meraup Untung di Masa Krisis. Buku tersebut akan membantu kita berhasil dalam melakukan investasi saham terutama di pandemi Covid-19 ini.