UI Menambah Kuota Penerimaan Mahasiswa Baru di tahun 2024

Dilihat : 185

UI Menambah Kuota Penerimaan Mahasiswa Baru di tahun 2024

Universitas Indonesia (UI) menambah kuota penerimaan mahasiswa baru melalui SNPMB tahun 2024. Menurut Kepala PMB UI, Gunawan, mengatakan pada tahun 2024, UI menerima 10.473 calon mahasiswa dari Sarjana dan Vokasi, naik dibandingkan tahun 2023 yang menampung 10.159. Gunawan mengungkapkan bahwa kuota Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) mencakup 8.823 untuk program Sarjana dan 1.650 untuk program Vokasi.

Total daya tampung SNBP adalah 2.105 calon mahasiswa, terdiri dari 1.775 Sarjana dan 330 Vokasi. Sementara itu, pada jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), akan ada 3.164 calon mahasiswa, dengan 2.666 untuk program Sarjana dan 498 untuk program Vokasi.

UI tahun ini mengikutsertakan 64 program studi Sarjana dan 15 program studi Vokasi, yang terdiri dari 9 Diploma III dan 6 Diploma IV dalam seleksi calon mahasiswa.

UI menerapkan dua skema penerimaan mahasiswa baru untuk program diploma dan sarjana, sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No. 62 Tahun 2023. Skema tersebut mencakup jalur nasional dan jalur mandiri.


Jalur Nasional

Jalur Nasional di UI melibatkan 50 persen dari total daya tampung, terbagi menjadi 20 persen melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan 30 persen melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Jalur Mandiri

Jalur Mandiri di UI memperebutkan 50 persen sisanya dari total daya tampung. Jalur ini terdiri dari dua opsi, yaitu jalur ujian dan jalur tanpa ujian.

Jalur ujian UI melibatkan SIMAK UI, yang terdiri dari beberapa kategori, yaitu SIMAK untuk Sarjana dan Vokasi, SIMAK untuk Sarjana Kelas Internasional, dan SIMAK untuk Sarjana dan Vokasi dengan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Jalur tanpa ujian UI terdiri dari beberapa opsi, termasuk jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) untuk Sarjana dan Vokasi, jalur Talent Scouting (TS) untuk Sarjana Kelas Internasional, dan Seleksi Jalur Prestasi (SJP) untuk Sarjana.

Pendaftaran SNBP dan Jalur Talent Scouting (Kelas Internasional)

Masa pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) untuk SNBP bagi sekolah tengah akan berakhir pada 9 Februari 2024. Setelah itu, pendaftaran SNBP oleh siswa akan dimulai dari tanggal 14 Februari hingga 28 Februari 2024. Selain itu, UI juga akan membuka jalur Talent Scouting mulai 28 Februari hingga 22 Maret 2024 untuk Sarjana Kelas Internasional.

Seleksi Mandiri UI dapat diakses melalui tautan penerimaan.ui.ac.id. Sekretaris SNPMB Bekti menegaskan bahwa siswa yang lulus seleksi SNBP 2024 tidak dapat mendaftar seleksi jalur mandiri di PTN manapun. Peserta yang lulus melalui jalur SNBT 2024 dan telah mendaftar ulang di PTN yang dituju juga tidak dapat diterima pada seleksi Jalur Mandiri 2024. Bekti menyarankan calon mahasiswa baru untuk menunggu pengumuman hasil SNBT sebelum mendaftar jalur mandiri pada PTN tujuan.

Informasi terkait Pendaftaran Seleksi Nasional dapat dilihat di tautan snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Informasi terbaru mengenai UI dapat diakses melalui ui.id/penerimaan dan pendaftaran. Pertanyaan mengenai jalur penerimaan mahasiswa baru juga dapat diajukan melalui surel penerimaan@ui.ac.id atau humas-ui@ui.ac.id.