Sejarah Kelam Dibalik Hari Valentine 14 Februari 2022

Dilihat : 125
Hari Valentine dikenal sebagai hari kasih sayang. Namun terdapat sejarah kelam di balik hari Valentine. 


Hari Valentine diperingati setiap 14 Februari. Hari Valentine biasanya diramaikan dengan suasana merah muda sebagai lambang kasih sayang. Hari Valentine juga identik dengan coklat dan bunga untuk diberikan kepada seseorang yang disayang. Walaupun dikenal sebagai hari yang penuh dengan kasih sayang, hari Valentine ternyata memiliki sejarah kelam dibaliknya. Hari Valentine sebenarnya memperingati dua orang pria yang dieksekusi pada 14 Februari. 


Sejarah Kelam


Santo Valentine/kompas.com

Sejarah hari Valentine memiliki banyak teori namun menurut The New York Times, hari Valentine mungkin saja berasal dari hari eksekusi dua pria bernama Valentine pada 14 Februari di tahun yang berbeda oleh Kaisar Claudius II. Diyakini bahwa Gereja Katolik yang menetapkan hari St. Valentine pada 14 Februari untuk menghormati mereka yang diyakini sebagai martir. Salah satu dari pria tersebut adalah Santo Valentine dari Terni yang diam-diam meresmikan pernikahan untuk tentara Romawi di mana pada masa itu sangat bertentangan dengan keinginan Kaisar.


Di versi lain mengatakan jika hari Valentine muncul ketika St. Valentine menulis salam "valentine" untuk seorang gadis yang dicintai olehnya. Sejarah mengatakan jika gadis tersebut dahulu adalah murid yang diajar oleh St. Valentine dan mereka bersama ketika St. Valentine dipenjara karena kejahatan yang dilakukan olehnya. Menurut The History Channel, St. Valentine sempat menulis surat yang ditandatanganinya dengan "Dari Valentine Anda" yang hingga saat ini menjadi frasa umum.  Versi lain mengatakan jika sebenarnya Hari Valentine ditetapkan oleh Paus Gelasius I sebagai bentuk menggantikan festival Romawi kuno Lupercalia, yaitu perayaan kesuburan untuk dewa pertanian Romawi serta pendiri Romawi Romulus dan Remus. 


Perayaan Hari Valentine


Happy Valentine's Day/tribunnews.com

Hari Valentine mulai dikomersialkan pada pertengahan 1800-an. Sementara itu, paa 1850, Esther Howland, putri pemilik toko alat tulis di Worcester, Massachusetts mulai memproduksi kartu ucapan Valentine dilengkapi dengan bunga mawar, puisi dan hal lainnya yang hingga saat ini juga masih digunakan untuk meramaikan hari Valentine. 


Valentine sebenarnya tidak hanya dirayakan bersama dengan pasangan tetapi juga orang-orang tersayang. Seperti, keluarga, teman dan teman kerja. Tidak berbeda dengan pasangan, mereka juga diberikan hal yang sama, yaitu bunga, coklat, ucapan, jalan-jalan dan kegiatan lain bersama dengan orang-orang tersayang. 


Hari Valentine juga kami rayakan bersama dengan sobat Andi melalui berbagai promo menarik di Marketplace dan Website resmi kami. Yuk, nikmati promo hari Valentine Andi Publisher. Ada diskon dan buku menarik yang bakal mewarnai hari Valentine-mu!