Perbedaan Bahasa Mandarin dan Kanton yang Harus Kamu Ketahui

Dilihat : 317
Bahasa Cina memiliki beragam jenis dialek. Dua diantaranya adalah dialek Mandarin dan dialek Kanton.


Ketika mendengar kata bahasa Cina mungkin hal yang terlintas di kepala kita adalah bahasa Mandarin. Bahasa Mandarin sendiri sebenarnya hanya merupakan salah satu dari dialek yang ada dalam bahasa Cina. Bahasa Mandarin merupakan dialek yang paling banyak digunakan. Setidaknya terdapat 60% dari warga Tiongkok. 


Tidak hanya bahasa Mandarin, bahasa Kanton juga tak kalah terkenal dari bahasa Mandarin. Walaupun masih menjadi bagian dari bahasa Cina, bahasa Mandarin dan bahasa Kanton memiliki perbedaan. Yuk, simak perbedaan bahasa Mandarin dan bahasa Kanton di bawah ini. 


Pengucapan yang Berbeda


Perbedaan bahasa Mandarin dan bahasa Kanton/idntimes.com

Bahasa Mandarin dan bahasa Kanton memiliki  perbedaan pengucapan.  Hal menarik dari bahasa Mandarin dan bahasa Kanton adalah  penutur bahasa Mandarin bisa saja tidak mengerti dengan bahasa Kanton. Begitu juga sebaliknya. 


Perbedaan Karakter


Perbedaan Karakter Bahasa Mandarin dan Bahasa Kanton/idntimes.com

Bahasa Kanton memiliki karakter yang berbeda dengan bahasa Mandarin.  Bahasa Kanton memiliki karakter yang lebih kompleks dari bahasa Mandarin. Alasan ini yang juga menjadi faktor mengapa bahasa Mandarin sebagai standar bahasa. 


Nada 


Nada dalam Bahasa Kanton dan Bahasa Mandarin/Bolong.id

Bahasa Kanton memiliki nada yang jauh lebih banyak dari bahasa Mandarin. Bahasa Kanton memiliki sembilan nada. Nada ini mengandung makna yang berbeda-beda sehingga membuat bahasa Kanton menjadi bahasa yang lebih sulit untuk dipelajari dari bahasa Mandarin.