On This Day: Steve Jobs Pendiri Apple Inc Lahir

Steve Jobs pendiri Apple Inc. lahir pada 24 Februari 1955. Perjalanan karirnya sebagai CEO sukses membutuhkan perjuangan yang lama. 


Steve Paul Jobs atau yang lebih dikenal dengan Steve Jobs adalah seorang pria berdarah Suriah-Amerika. Jobs sebenarnya lahir dengan nama Abdul Latief Jandali. Jobs dilahirkan di California, Amerika Serikat pada 24 Februari 1955. Jobs merupakan anak dari pasangan Abdulfatah Jandali dan Joanne Simpson. Namun, Jobs diadopsi oleh pasangan suami istri asal California bernama Paul dan Clara yang membuat namanya berubah menjadi Steven Paul. 


Jobs tidak berbeda dengan anak-anak lain. Jobs bersekolah di Junior High School dan Homestead High School di California. Kemudian Jobs melanjutkan pendidikannya di Reed College yang terletak di Portland, Oregon. Selama menjadi mahasiswa, pikiran Jobs sudah mulai terbentuk. Jobs mulai mempertanyakan kegunaan ilmu yang dipelajarinya pada saat itu di masa mendatang. Akhirnya setelah enam bulan melalui kebingungan, Jobs mantap memutuskan untuk keluar dari kampusnya dan tetap mengikuti mata kuliah yang disukai olehnya, yaitu kaligrafi.


Perjalanan Karir 


Steve Jobs/techno.okezone.com

Setelah Jobs keluar dari kampus, Jobs mulai bekerja sebagai seorang teknisi pada tahun  1974 di sebuah perusahaan yang mendesain circuit-board. Mulai dari sinilah kegemaran Jobs terhadap ilmu komputer semakin terasah. Jobs merasa bahwa dirinya telah menemukan passion hidupnya. Setelah dua tahun bekerja di perusahaan tersebut, Steve memberanikan diri untuk membangun sebuah perusahaan IT bersama dengan teman lamanya, Steve Wozniak. Perusahaan tersebut memiliki logo buah apel tergigit yang kita kenal saat ini dengan sebutan Apple. Butuh waktu 10 tahun bagi Apple hingga mereka bisa mengeluarkan produk komputer andalannya bernama Macintosh.


Perjalanan Jobs tidak selalu mulus, Jobs dipecat dari perusahaannya karena sifat keras kepala dan temperamentalnya yang dianggap tidak baik bagi perusahaan. Namun Jobs tidak patah semangat. Dirinya segera mendirikan perusahaan bernama Next dan menciptakan sistem operasi yang dibutuhkan oleh Apple. Jobs mendekati Apple dan meminta Apple untuk membei Next. Sesuai dengan harapan Jobs, Next diakuisisi oleh Apple dengan harga 2.429 juta dolar dan membuat Jobs kembali menjabat kembali sebagai CEO di Apple Inc. 


Jobs kembali di Apple pada 1997 dan langsun membuat dobrakan besar dengan mengeluarkan produk andalan seperti iPod, iMac, iPhone, iPad dan iCloud yang membuat Apple meraup keuntungan besar. Namun perjuangan Jobs kembali terhenti ketika dokter memvonis bahwa usia dirinya tidak akan lama lagi karena kanker pankreas yang dideritanya. Oleh karena itu, pada 24 Agustus 2011, Jobs mengundurkan diri dari jabatan CEO dan digantikan oleh Tim Cook. Kemudian pada  5 Oktober 2011, Jobs meninggal dunia. 



Semangat Jobs dalam menyukseskan Apple Inc dapat dibaca dalam buku Inside Apple, Bagaimana Perusahaan Amerika yang Paling Dikagumi dan Suka Berahasia Sesungguhnya Bekerja. Melalui buku ini kita juga bisa belajar dalam membangun bisnis atau perusahaan kita sendiri dengan mencontoh kinerja Apple, perusahaan yang paling dikagumi di Amerika.