On This Day: Kasus Covid-19 Pertama di Indonesia

Genap hari ini kasus Covid-19 di Indonesia sudah dua tahun. Yuk, intip kasus pertama Covid-19 di Indonesia!


Pada 2 Maret 2020, Indonesia mendapatkan kasus Covid-19 pertamanya. Kasus tersebut menghebohkan satu Indonesia karena sebelumnya Indonesia sempat mengira tidak akan terdampak virus tersebut. Namun pada 2 Maret 2020, kasus Covid-19 pertama muncul di kota Depok. Sejak saat itu, kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami pasang-surut hingga saat ini. Bahkan beberapa varian seperti Delta dan Omicron terus menambah jumlah kasus Covid-19 di Indonesia. Yuk, simak kasus pertama Covid-19 di Indonesia!


Kasus Pertama


Ilustrasi Virus Corona/klikdokter.com

Kasus Covid-19 pertama di Indonesia diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Mensesneg Pratikno dan Seskab Pramono Anung pada 2 Maret 2020. Pada saat itu sebenarnya bukan hanya satu kasus melainkan dua kasus. Kasus tersebut menimpa seorang ibu (64) dan putrinya (31) di Depok, Jawa Barat. Setelah ditelusuri, keduanya terinfeksi Covid-19 dari Warga Negara Jepang yang datang ke Indonesia pada Februari 2020.


Penelusuran tersebut berawal dari informasi bahwa terdapat orang Jepang yang datang ke Indonesia dan kemudian tinggal di Malaysia. Orang Jepang tersebut ternyata positif Covid-19. Tim penelusuran dari Indonesia kemudian menelusuri kembali dan ternyata diketahui dia datang ke Indonesia dan bertemu dengan pasien kasus Covid-19 pertama dan kedua.


Darurat Nasional


Ilustrasi Darurat Nasional/swararahima.com

Setelah kasus Covid-19 pertama dan kedua, pada 10 Maret 2020, Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengirimkan surat kepada Presiden Jokowi. Surat itu berisi permintaan kepada Presiden Jokowi untuk mendeklarasikan surat nasional. WHO juga turut menerapkan Covid-19 sebagai sebuah pandemi. Melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 7 Tahun 2020 dibentuklah Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Pada saat itu Kepala BNPB Doni Monardo ditunjuk sebagai Ketua Gugus Covid-19.



Kasus Covid-19 di Indonesia masih terus berlangsung hingga saat ini. Adapun varian baru, Omicron yang muncul beberapa lalu sempat membuat kasus mengalami peningkatan. Oleh karena itu, kita perlu menjaga kesehatan badan kita agar terhindar dari kasus Covid-19.