On This Day : 4 Februari, Facebook Berdiri

Dilihat : 132
Tidak hanya merayakan Hari Kanker Dunia. 4 Februari juga merupakan tanggal berdirinya Facebook. 


Facebook adalah salah satu media sosial yang populer dan masih aktif digunakan oleh orang hingga kini. Facebook berdiri pada 4 Februari 2004 dan di tahun 2022 ini Facebook genap berumur 18 tahun. Facebook sendiri didirikan oleh Mark Zuckerberg ketika dirinya masih menjadi mahasiswa di Universitas Harvard. Kesuksesan Facebook sudah terlihat di hari pertama peluncurannya. Facebook berhasil memperoleh 1.000 pengguna di hari pertamanya. 


Kesuksesan Mark Zuckerberg tentu tidak perlu diragukan lagi. Kini Facebook telah menjadi media sosial raksasa yang memiliki lebih dari dua miliar pengguna. Facebook bahkan terus memperlebar sayapnya dengan fitur-fitur lain dan bahkan membeli dua media sosial raksasa lain, yaitu Instagram dan Whatsapp. Walaupun begitu, kesuksesan Mark Zuckeberg tidak semudah itu. Yuk, simak perjalanan Facebook!


Berawal dari Kamar Asrama


Mark Zuckerberg dan Kamar Asramanya di Harvard/businessinsider.com

Facebook dibuat di kamar asrama Mark Zuckerberg ketika dirinya masih berkuliah di Harvard. Mark Zuckerberg tidak sendirian, dia dibantu oleh empat teman sekamarnya, yaitu Chris Hughes, Dustin Moskovitz dan Eduaro Saverin. Keahlian Mark Zuckerberg dalam membuat program memang tidak perlu diragukan lagi. Dia pernah membuat situs FaceMash yang diperuntukkan bagi mahasiswa Harvard untuk menilai penampilan mahasiswi Harvard. FaceMash pada saat itu menjadi situs web populer namun situs tersebut kemudian ditutup oleh pihak universitas karena dianggap melakukan pelanggaran privasi dan pelanggaran lain. 


Mark Zuckerberg juga pernah membangun situs sederhana yang digunakan sebagai alat belajar mahasiswa Harvard bernama CourseMatch. Aplikasi ini disebabkan karena dirinya tidak pernah memperhatikan mata kuliah yang tidak berkaitan dengan minatnya, yaitu pemrograman. Pada saat itu di musim ujian akhir, Mark Zuckerberg mendapatkan tugas untuk menghafal kurang lebih 200 karya seni klasik lengkap dengan penjelasan sejarahnya. Mark Zuckerberg yang tidak pernah memperhatikan mata kuliah tersebut merasa khawatir namun Mark Zuckerberg memutar otak dengan membuat situs CourseMatch. Situs tersebut  dapat menampilkan 200 gambar karya seni klasik. Dalam situs tersebut mahasiswa lain juga diberikan ruang untuk menulis mengenai hal penting mengenai 200 gambar seni sejarah klasik tadi. Pada saat itu Mark Zuckeberg mempromosikan situs tersebut kepada mahasiswa Harvard lain melalui e-mail. 


Thefacebook


Tampilan Awal Thefacebook.com/tekno.kompas.com

Pada Februari 2004, Mark Zuckerberg kembali membuat situs bernama 'thefacebook' dengan alamat thefacebook.com. Nama tersebut dibuat oleh Mark Zuckerberg karena isi dari situs tersebut berasal dari direktori informasi dan foto mahasiswa Harvard dengan nama yang sama, yaitu 'face book'. Pada awalnya thefacebook hanya diperunyukkan bagi mahasiswa Universitas Harvard saja karena pada saat itu tulisan di tampilan awalnya adalah "Selamat datang di Thefacebook. Kami telah membuka Thefacebook untuk konsumsi populer di Universitas Harvard." Mahasiswa Harvard yang menggunakan Thefacebook dapat melakukan beberapa hal. Seperti, menemukan orang di kampus, mencari tahu teman satu kelas hingga melihat visualisasi jaringan sosial pengguna. Menariknya, tampilan awal Thefacebook menggunakan foto Alfredoi James Pacino atau Al Pacino yang merupakan aktor sekaligus pembuat film asal Amerika Serikat. 


Pembuatnya adalah teman sekelas dari Mark Zuckerberg sendiri, Andrew McCollum. Pada saat itu Andrew McCollum merancang logo Thefacebook dengan menggunakan gambar Al Pacino yang didapatkan olehnya melalui internet. Ia kemudian memodifikasi dengan dibalut angka biner dari satu dan nol. Kesuksesan Thefacebook di hari pertamanya membuat media sosial tersebut semakin memperluas jangkauannya. Pada Maret 2004, Thefacebook akhirnya merambah ke universitas lain di Amerika Serikat termasuk ke seluruh universitas Ivy League yang terdiri dari Yale, Columbia, Princeton, dan lain-lain. 


Facebook


Facebook/alejandrorioja.com

Thefacebook kemudian berganti nama menjadi Facebook dengan domain facebook.com yang dibeli seharga 200.000 dollar AS atau sekitar Rp 2.88 miliar. Pada Desember 2005, Facebook telah memiliki enam juta pengguna. Kemudian pada September 2006, Facebook terbuka untuk semua orang yang sudah berumur 13 tahun ke atas dengan alamat e-mail yang valid. Kesuksesan Facebook membuat Mark Zuckerberg akhirnya berhenti kuliah pada 2005. Hal ini dikarenakan dirinya ingin lebih fokus dalam mengembangkan Facebook. Sebelumnya dikabarkan pada Juni 2004, Mark Zuckerberg dan teman-temannya memiliki kantor pertama Facebook di Palo Alto, California. 



Hari ini Facebook telah genap berumur 18 tahun. Saat ini Facebook tidak hanya menjadi media sosial melainkan juga menjadi ladang bisnis bagi sebagian besar orang. Yuk, simak membangun bisnis di Facebook dalam buku Facebook Gaul Ok! Cari Duit OK! karya Elcom. Selamat ulang tahun ke-18, Facebook!