Mengenal Sumatera Utara, Provinsi Pemilik Danau Terbesar di Indonesia

Dilihat : 237
Sumatera Utara menjadi salah satu provinsi yang memiliki keunikan di wilayahnya. Salah satunya adalah memiliki danau terbesar di Indonesia.


Sumatera Utara pada mulanya bernama Gouvernement Van Sumatra pada masa pemerintahan Belanda. Wilayah kekuasaan pulau Sumatera meliputi seluruh pulau Sumatera dan dipimpin oleh seorang Gubernur yang memerintah di kota Medan. Dalam sidang pertama Komite Nasional Daerah (KND) yang diselenggarakan setelah kemerdekaan Indonesia sepakat untuk membagi provinsi Sumatera menjadi tiga sub provinsi, yaitu Sumatera Utara, Sumatera Tengah dan Sumatera Selatan. Provinsi Sumatera Utara sendiri terbentuk atas penggabungan dari tiga keresidenan, yaitu Keresidenan Aceh, Keresidenan Sumatera Timur dan Keresidenan Tapanuli. 


Sumatera Utara memiliki sejarah yang cukup panjang dalam pembangunannya, bahkan sempat ditiadakan dan dibentuk kembali pada 1950. Adapun pada 1956 sebagian wilayah provinsi Sumatera Utara menjadi bagian dari provinsi Aceh. Sejarah Sumatera Utara memang tidak sesederhana provinsi lainnya. Namun dibalik itu semua, Sumatera Utara memiliki sejumlah fakta unik yang tak kalah menakjubkan dari provinsi lainnya. Yuk, simak selengkapnya!


1. Danau Toba


Danau Toba/adira.go.id

Siapa yang tidak mengenal danau Toba? danau dengan panjang 100 kilometer dan kedalaman 505 meter ini dinobatkan sebagai danau terbesar di Indonesia. Danau ini  memiliki luas mencapai 112.790 hektare dan terbentang di tujuh kabupaten, yaitu Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Samosir, Simalungun, Karo, Toba Samosir dan Dairi. Luasnya yang mencapai ratusan ribu ini juga membuat danau Toba dinobatkan sebagai salah satu danau vulkanik terbesar di dunia. 


2. Titik 0 Kilometer


Gedung Kantor Pos Medan/triptrus.com

Tidak hanya Yogyakarta yang terkenal dengan Titik 0 Kilometer di kawasan Malioboro, Sumatera Utara juga memiliki Titik 0 Kilometer yang berlokasi di kota Medan. Tepatnya di Gedung Kantor Pos Medan. Gedung Kantor Pos Medan ini masih digunakan dan memiliki bentuk dan fungsi bangunan yang baik. Gedung ini dibangun pada 1909 dan selesai dibangun pada 1911 yang dirancang oleh arsitek Ir. Simon Snuyf dan Burgelijke Openbare Werken (BOW) atau Jawatan Pekerjaan Umum Pemerintah Hindia Belanda. 


3. Ikon Kota Medan


Istana Maimun/bravaradio.com

Sebagai ibukota provinsi Sumatera Utara, kota Medan memiliki ikon berupa Istana Maimun yang dibangun oleh Kesultanan Deli pada masa kepemimpinan Sultan Mahmud Al Rasyid pada 26 Agustus 1888 dan selesai pada 18 Mei 1891. Istana ini resmi menjadi ikon kota Medan pada 29 Agustus 2017. Istana Maimun sengaja didesain dengan penuh warna sebagai lambang bahwa kota Medan adalah kota multietnis. 


4. Menara Air Tirtanadi 


Menara Air Tirtanadi/ksmtour.com

Sebelum Istana Maimun menjadi ikon kota Medan, Menara Air Tirtanadi menjadi ikon kota Medan. Menara Air Tirtanadi adalah peninggalan sejarah yang ada di Medan. Menara ini didirikan pada 1908 oleh pemerintah Belanda sebagai tempat penampungan air bagi masyarakat Medan. Namun karena perkembangan yang pesat, Menara Tirtanadi sudah tidak bisa menyediakan kebutuhan air yang semakin banyak. 


5. Becak Motor Siantar


Becak Siantar/daerah.sindonews.com

Fakta unik terakhir dari Sumatera Utara adalah adanya becak motor Siantar yang terletak di kota Pematangsiantar. Becak ini menggunakan tenaga mesin motor buatan The Birmingham Small Arms Company (BSA) selama Perang Crimean (1853-1856). Setelah perang, BSA memproduksi 126.000 sepeda motor tipe M20 dengan kapasitas mesin 500 cc. Sepeda motor buatan tahun 1941  kemudian ikut dibawa ke Pematangsiantar. Namun saat ini keberadaan becak Siantar BSA sudah sulit untuk ditemui karena sudah banyak yang menggunakan motor Jepang sebagai penggantinya.



Sumatera Utara tentu memiliki sejumlah fakta unik lainnya yang menakjubkan. Untuk mengetahui dan mengenal provinsi Sumatera Utara secara lebih lanjut, kita bisa membacanya melalui buku Ensiklopedia Indonesia Provinsi Sumatera Utara. Buku ini akan menambah wawasan kita secara lengkap mengenai provinsi Sumatera Utara.