Mengenal Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi dengan Kota Tertua di Indonesia

Dilihat : 483
Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi di Pulau Sumatera. Ibukota Sumatera Selatan adalah kota tertua di Indonesia. 


Sumatera Selatan didirikan pada 12 September 1950. Pada awalnya daerah Sumatera Selatan terdiri dari Bengkulu, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung. Namun keempat wilayah tersebut kemudian menjadi provinsi masing-masing. Walaupun begitu keempat wilayah tersebut masih memiliki akar bahasa dan budaya dari keluarga yang sama, yaitu Austronesia Proto bahasa Melayu. Adapun  pembagian daerah bahasa logat yang meliputi Komering, Lematang, Musi, Komering, Ogan dan bahasa lainnya. 


Provinsi Sumaera Selatan juga dikenal sebagai Bumi Sriwajaya sejak berabad-abad yang lalu. Hal ini dikarenakan pada abad 7 hingga abad 12, Sumatera Selatan dijadikan pusat kerajaan Sriwajaya yang juga dikenal dengan kerajaan maritim terbesar dan terkuat di Nusantara. Pengaruh dari kerajaan Sriwijaya bahkan sampai ke Madagaskar, Afrika. Namun pada abad ke-13 sampai ke-14, kerajaan Sriwijaya berada di bawah kekuasaan Majapahit. 


Tidak hanya memiliki sejarah yang hebat, Sumatera Selatan juga menyimpan sejumlah fakta yang unik dan hebat seperti sejarahnya. Yuk, simak fakta unik mengenai Sumatera Selatan.


Kota Tertua di Indonesia


Kota Palembang/tokopedia.com

Sebagai sebuah provinsi, Sumatera Selatan memiliki ibukota. Ibukota Sumatera Selatan sendiri adalah Palembang yang ternyata merupakan kota tertua di Indonesia, bahkan masuk ke dalam jajaran lima kota tertua di dunia! Hal ini berdasarkan Prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan pada 1926. Dalam prasasti tersebut ditemukan pemukiman bernama Sriwijaya yang didirikan pada 17 Juni 683 Masehi. Tanggal tersebut yang kemudian dijadikan hari ulang tahun Palembang. 


Jembatan Ampera


Jembatan Ampera/palembang.go.id

Jembatan Ampera yang menjadi ikon kota Palembang pernah dinobatkan sebagai jembatan terpanjang se-Asia Tenggara. Jembatan tersebut dibangun pada April 1962 dan kemudian diresmikan pada 30 September 1965 oleh Letnan Jenderal Ahmad Yani. Jembatan ini merupakan hadiah dari Presiden Soekarno. Oleh karena itu, pada awalnya Jembatan Ampera diberi nama Bung Karno. Jembatan tersebut memiliki panjang 1.177 meter dan membelah Sungai Musi. Jembatan Ampera memiliki peran yang penting dalam menghubungkan arus perekonomian masyarakat di Seberang Ilur dan Ulu. 


Pulau Kemaro 


Pulau Kemaro/blog.tiket.com

Pulau Kemaro adalah sebuah delta kecil yang letaknya berada di tengah Sungai Musi dan terletak sekitar 6 kilometer dari Jembatan Ampera. Pulau Kemaro menjadi salah satu tempat yang disakralkan, khususnya etnis Tionghoa di Sumatera Selatan. Hal ini dikarenakan Pulau Kemaro memiliki sebuah Kelenteng dengan Pagoda yang menjulang tinggi. Fakta menarik lainnya adalah Pulau Kemaro juga menjadi tempat bersejarah bagi kisah cinta antara Pangeran Tan Bun An dari China yang pada saat itu ingin mempersunting Siti Fatimah, putri Raja Palembang. Oleh karena itu, Pulau Kemaro juga dijadikan salah satu destinasi wisata dan ramai dikunjungi saat Cap Go Meh. 


Penghasil Migas Terbesar


Migas/liputan6.com

Sumatera Selatan menjadi salah satu penghasil migas terbesar di Indonesia. Hal ini dibuktikan melalui sejumlah perusahaan migas yang beroperasi di sejumlah daerah di Sumatera Selatan, yaitu Musi Banyuasin, Banyuasin, Lahat, Muara Enim dan Pali. Sebagai salah satu daerah penghasil migas terbesar di Indonesia, Sumatera Selatan menghasilkan minyak mentah sebesar 30.718 barrel per hari dan kondesat sebanyak 10.339 barrel.  Semua blok minyak yang tersebar di Sumatera Selatan dikelola oleh Pertamina, Medco, Talisman, Conoco Philips dan Golden Spike dan sejumlah perusahaan migas lainnya.


Danau Ranau 


Danau Ranau/wawasanproklamator.com

Sumatera Selatan memiliki Danau Ranau yang merupakan danau terbesar di Sumatera Selatan setelah Danau Toba. Danau tersebut terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan. Danau Ranau tercipta dari gempa besar dan letusan gunung berapi yang membentuk cekungan besar. Di tengah Pulau Ranau terdapat sebuah pulau bernama Pulau Marisa yang memiliki sumber air panas, air terjun dan penginapan. 



Sumatera Selatan masih memiliki fakta unik, yang menarik dan sayang untuk tidak diketahui. Buku Ensiklopedia Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, kita bisa mempelajari informasi terlengkap mengenai Sumatera Selatan. Buku ini menyajikan informasi terlengkap mengenai Sumatera Selatan yang juga masih belum banyak diketahui oleh orang. Yuk, tambah wawasanmu mengenai Sumatera Selatan!