Mengenal Provinsi Sumater Barat, Tempat Kembaran Big Ben London Berdiri

Dilihat : 310
Sumatera Barat menjadi salah satu provinsi yang memiliki sejumlah keunikan. Salah satunya adalah memiliki Jam Gadang yang diketahui sebagai kembaran dari Big Ben di London. 


Sumatera Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang ditetapkan melalui Undang-Undang No 61 Tahun 1958 Tentang Penetapan "Undang-Undang Darurat No. 19 Tahun 1957 Tentang Pembentukan Daerah-Daerah Swatantra Tingkat I Sumatera Barat, Jambi dan Riau" (Lembaran Negara Tahun 1957 No. 75). Sebelum menjadi provinsi, Sumatera Barat sempat menjadi bagian dari Provinsi Sumatera dan kemudian menjadi bagian dari Provinsi Sumatera Tengah.  Sumatera Barat memiliki 19 Kabupaten/Kota dengan Padang sebagai ibukota provinsinya. 


Sebagai sebuah provinsi, Sumatera Barat memiliki sejumlah kekayaan yang juga tidak kalah dengan provinsi lain. Salah satunya adalah Taman Nasional Kerinci  Seblat. Taman Nasional ini dikenal sebagai taman nasional terbesar di Sumatera. Tidak hanya itu, adapun sejumlah kekayaan lain dari Sumatera Barat. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya!


1. Jam Gadang 


Jam Gadang/andalastourism.com

Sumatera Barat memiliki ikon yang sudah tidak asing lagi, yaitu Jam Gadang. Jam Gadang terletak di Bukittinggi, Sumatera Barat. Jam Gadang dikenal sebagai kembaran dari Big Ben di London.  Hal ini dikarenakan mesin yang digunakan pada Jam Gadang sama seperti yang digunakan oleh Big Ben. Menariknya, mesin tersebut hanya diproduksi dua unit oleh pabrik Jerman! Jam ini merupakan hadiah pemberian dari Ratu Wilhelmina dari Belanda. Arsitektur dari Jam Gadang juga didesain oleh arsitek yang berdarah Minang asli. 


2. Surga Peselancar Air


Berselancar di Mentawai/nationalgeographic.grid.id

Tidak hanya Bali atau Lombok yang terkenal dengan pantai indah atau mungkin surga bagi para peselancar air. Sumatera Barat juga menjadi surga para perselancar air, lho! Di Padang kita bisa menemukan sejumlah pantai indah seperti Pantai Carolina, Pantai Padang dan Pantai Pasumpahan. Adapun di Kepulauan Mentawai yang memiliki segudang pantai untuk berselancar. 


3. Jembatan Akar 


Jembatan Akar/foto.kompas.com

Ada hal menarik yang mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang dari Sumatera Barat. Sumatera Barat memiliki wisata jembatan akar atau Titian Aka. Menurut cerita, jembatan ini dahulu bernama Pakih Sokan pada 1890 dan kemudian baru digunakan pada 1916. Jembatan ini dibangun dengan menghubungkan kedua akar pohon beringin besar yang letaknya berseberangan di atas sungai Batang Bayang. 


4. Memiliki Suku Tertua di Sumatera


Suku Mentawai/idntimes.com

Hal menarik lainnya mengenai Sumatera Barat adalah memiliki suku tertua di Sumatera, yaitu suku Mentawai. Suku Mentawai biasanya tinggal di Kepulauan Mentawai, khususnya Pulau Siberut. Suku ini adalah suku tertua di Sumatera karena peneliti percaya suku Mentawai pertama kali tiba di Kepulauan Mentawai sekitar tahun 2000 sampai 500 Sebelum Masehi. Suku ini masih memegang erat upacara adat, tradisi, tato dan bahasa mereka. 



Yuk, simak lebih lengkap mengenai Provinsi Sumatera Barat di buku Ensiklopedia Indonesia Provinsi Sumatera Barat. Buku tersebut berisikan informasi lengkap mengenai Provinsi Sumatera Barat yang penting untuk kita ketahui. Buku tersebut akan memperluas wawasan dan meningkatkan rasa cinta dan bangga pada Indonesia.