Mengenal Provinsi Jambi, Pemilik Sungai Terpanjang di Sumatera

Dilihat : 333
Jambi adalah salah satu provinsi di Sumatera Selatan. Selain dikenal memiliki sungai terpanjang di Sumatera, Jambi juga memiliki keunikan lainnya.


Jambi ditetapkan sebagai provinsi berdasarkan Undang-Undang Darurat Nomor 19 Tahun 1957 yang kemudian ditetapkan sebagai Undang-Undang Nomor 61 Tahun 1958. Pemekaran wilayah administratif dilakukan pada 1999 yang terdiri dari pembentukan Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Tebo, Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Pemekaran wilayah administratif Jambi terus dilakukan hingga 2010 wilayah administratif Jambi meliputi sembilan kabupaten dan dua kota. 


Selain memiliki sembilan kabupaten dan dua kota, Jambi juga memiliki keunikan yang tak kalah dengan provinsi lainnya. Mulai dari memiliki sungai terpanjang di Sumatera hingga memiliki candi terluas di Asia Tenggara. Jambi juga memiliki makanan khas yang tak kalah terkenalnya dengan makanan tradisional dari provinsi lainnya. Yuk, simak selengkapnya sebagai berikut


Sungai Terpanjang di Sumatera


Sungai Batanghari/correcto.id

Jambi memiliki sungai terpanjang di Sumatera yang bernama Sungai Batanghari. Sungai Batanghari memiliki panjang 800 Kilometer (800 Km). 70% sungai ini terletak di Provinsi Jambi. Sungai ini memiliki hulu di Gunung Rasan yang terletak di Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Oleh karena itu,tidak sulit menemukan sungai ini karena Sungai Batanghari melintasi beberapa kabupaten di Jambi, yaitu Batanghari, Bungo, Tebo, Muaro Jambi, Tanjung Jabung Timur. Sungai ini juga melintasi kota Jambi sebelum bermuara ke Selat Malaka yang terletak di Muara Sabak.  Menurut legenda, sungai Batanghari menyimpan harta karun dari zaman dahulu yang tersimpan di dasar sungai Batanghari. 


Jembatan Pejalan Kaki 


Jembatan Gentala Arasy/daelpos.com

Jambi memiliki jembatan ikonik bernama Jembatan Gentala Arasy. Jembatan Gentala Arasy melintasi sungai Batanghari yang menyambungkan kota Jambi dengan Jambi Seberang. Jembatan ini dapat dikatakan unik karena hanya bisa diakses oleh pejalan kaki. Kendaraan beroda empat dan dua dilarang mengakses jembatan ini. Jembatan ini memiliki panjang 503 meter dengan lebar 4,5 meter. Jembatan ini berbentuk huruf 'S' dan diresmikan pada 2015 oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. 


Candi Terluas se-Asia Tenggara


Candi Muaro Jambi/correcto.id

Fakta menarik lainnya tentang Jambi adalah memiliki candi terluas se-Asia Tenggara. Candi tersebut bernama Candi Muaro Jambi. Candi Muaro Jambu memiliki luas 3.981 hektar yang mana delapan kali lebih luas dari Candi Borobudur. Candi Muaro Jambi diyakini merupakan peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu. Candi ini berkaitan dengan Nalanda, pusat pendidikan Buddha Mahayana tertua di dunia. Kompleks candi ini juga pernah menjadi pusat pengajaran Buddha di dunia.