Mengenal Istilah Red Flag dalam Hubungan

Istilah Red Flag menjadi istilah yang saat ini tak asing lagi di telinga terutama bagi anak-anak muda. Lalu, sebenarnya apa sih red flag itu?


Ketika mendengar kata red flag, kita pasti menerjemahkannya secara otomatis sebagai bendera merah. Istilah ini biasanya digunakan oleh pengguna Tiktok dan Twitter dalam menggambarkan permasalahan dalam suatu hubungan pertemanan dan percintaan. Red Flag sendiri didefinisikan sebagai bentuk peringatan bahaya dalam suatu hubungan. Peringatan bahaya yang dimaksud adalah ciri-ciri atau tanda awal ketika seseorang yang terlibat dalam suatu hubungan perlu untuk dijauhi.


Red flag  dapat berupa banyak hal dan biasanya menjadi peringatan bagi kita untuk tidak diabaikan. Red flag yang diabaikan akan berdampak buruk pada hubungan kedepannya. Hubungan dengan red flag yang diabaikan biasanya akan terjalin hubungan toxic. Hubungan toxic inilah yang nanti akan berdampak pada kedua belah pihak, yaitu hubungan yang saling menyakiti.


Kenali Red Flag  di Awal


Red Flag dapat Diketahui di Awal Perkenalan (sumber: satupersen.net)


Ketika mengenal seseorang yang baru, kita otomatis berusaha untuk menganalisa orang seperti apakah dirinya, apakah bisa cocok atau tidak dengan kita. Biasanya dalam momen-momen awal perkenalan kita bisa menemukan red flag seseorang. Red flag kita dengan orang lain dapat saja berbeda sesuai dengan toleransi yang dapat diberikan kepada orang tersebut. Walaupun begitu, terkadang kita suka mengabaikan red flag yang terlihat sangat jelas dan ujungnya malah terjebak dalam hubungan yang toxic atau tidak sehat. 


Red flag  sendiri dapat berupa berbagai macam. Salah satunya adalah sikap posesif yang dapat dilihat melalui kecenderungan orang tersebut untuk mengontrol diri kita. Hal ini dapat disebut sebagai red flag yang tidak boleh diabaikan. Hubungan dengan sikap posesif yang mengekang bukan merupakan hubungan yang sehat karena tidak seharusnya kita mengatur pasangan kita. 



Yuk, kenali red flag yang ada di orang terdekat bahkan pacarmu hanya di buku Kitab Mantan karangan Sekar Ayu Asmara! Tersedia di sini KITAB MANTANPre-Order berlangsung hingga 30 Juni 2022 dan segera dapatkan special packaging untuk 300 customer pertama!