Melihat Kembali Sejarah Hari Pers Nasional

Dilihat : 110
Hari Pers Nasional diperingati setiap 9 Februari. Tanggal tersebut juga merupakan tanggal berdirinya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).


Hari Pers Nasional adalah hari peringatan yang diperuntukkan bagi wartawan Indonesia. Hari Pers Nasional telah rutin dilaksanakan sejak 1985 silam dan ditetapkan melalui Keputusan Republik Indonesia No.5  Tahun 1985 dan ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada 23 Januari 1985. Kepres tersebut berisikan bahwa pers Indonesia turut mengukir sejarah perjuangan dan memiliki peranan penting dalam melaksanakan pembangunan nilai-nilai Pancasila. 


Sejarah Hari Pers Nasional 


Hari Pers Nasional 2022/suara.com

Peringatan Hari Pers Nasional dimulai pada 8 Juni 1946 ketika tokoh surat kabar dan tokoh pers nasional berkumpul di Yogyakarta dan mendirikan Serikat Surat Kabar (SPS). Kebanyakan wartawan atau penulis surat kabarnya adalah aktivis pergerakan seperti Adam Malik, Iwa Kusumasumantri, Ki Hadjar Dewanatara, Mohammad Yamin, Rasuna Said, Sukarno, Tijpto Mangunkusumo dan W.R. Supratman. 


Para tokoh pers pada saat itu menganggap jika barisan penerbit pers perlu ditata dan dikelola, baik dalam segi idiil dan komersialnya. Hal ini dikarenakan penjajah dan pers asing masih berkuasa dan terus berusaha memengaruhi masyarakat Indonesia. Namun di sisi lain, berdasarkan sejarah pers Indonesia, SPS sebenarnya sudah lahir pada 9 Februari 1946 tepat ketika berdirinya PWI. Pertemuan yang diadakan pada saat itu di Sono Suka yang kini menjadi Monumen Pers, Surakarta pada 9-10 Februari yang melibatkan banyak tokoh pers pemimpin surat kabar, majalah, wartawan, para pejuang wartawan. 


Hari Pers Nasional kemudian baru diresmikan pada 1985 yang juga menjadi hal menarik. Hal ini dikarenakan pemerintah pernah melakukan 561 kali tindakan anti Pers antara 1952 sampai 1965 berdasarkan catatan-catatan Edward C. Smith. Hari ini menjadi hari yang penting karena kebebasan pers menjadi hal yang sangat penting untuk memberikan informasi yang adil terhadap masyarakat akan hak-hak yang seharusnya mereka dapatkan. 



Hari Pers Nasional membuat kita menyadari fungsi pers yang sangat penting terutama sebagai salah satu pilar demokrasi. Pers membantu kita mengetahui informasi mengenai banyak hal. Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional 2022, kita bisa membaca hal-hal seputar pers termasuk jurnalistik dalam buku Feature Tulisan Jurnalistik yang Kreatif, Disertai Kaidah dalam Penulisan Jurnalistik.