MANFAAT MENARIK YANG JARANG DI KETAHUI DARI BUNGA TELANG

Dilihat : 38

Saat ini sering sekali kita jumpai bunga Telang ada dimana - mana. Bahkan terkadang sekarang hampir setiap rumah pasti ada. Bunga telang memiliki banyak sekali manfaat untuk kita yang masih jarang kita ketahui. Yuk simak manfaat menarik yang jarang kita ketahui dari bunga telang. 

1   1. Meringankan gejala depresi

Bunga telang memang mengandung berbagai senyawa bermanfaat, termasuk asam palmitate. yaitu senyawa yang mirip dengan asam linolenat. Asam linoleat sendiri adalah asam lemak omega-3 esensial, yang bisa mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Manfaatnya melindungi sistem saraf pusat dari kerusakan.

Asam palmitat tersebut lah yang  memiliki sifat antioksidan yang berperan sebagai antidepresan alami.

2.     2. Meringankan gejala diabetes

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa bunga telang (Clitoria ternatea) dapat menurunkan kadar gula darah dengan

a. Menghambat Enzim: Mengurangi penyerapan gula dari makanan.

b.   b. Meningkatkan Sensitivitas Insulin: Membantu tubuh menggunakan glukosa lebih efisien.

Hal tersebut otomatis dapat menjaga kestabilan gula darah pada seseorang.

3. Menurunkan kolesterol tinggi

Bunga telang bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi, yang baik untuk kesehatan jantung. Menambahkan bunga telang ke dalam makanan, seperti membuat teh atau menggunakannya dalam masakan, adalah cara yang baik untuk mendukung kesehatan jantung.

4.      4. Mengandung antioksidan

Antioksidan berfungsi untuk melindungi sel-sel sehat dalam tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Salah satu cara untuk mendapatkan antioksidan adalah dengan mengonsumsi air bunga telang. Penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences menemukan bahwa ekstrak metanol dari bunga telang mengandung banyak antioksidan. Dengan mengonsumsi air bunga telang, kamu bisa mendapatkan manfaat antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

5.     5. Mempercepat proses penyenbuhan luka

Bunga telang juga bermanfaat dalam mempercepat proses penyembuhan luka. Biji bunga telang mengandung flavonoid glikosida, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat mendukung proses penyembuhan. Tumbuhan bunga telang kaya akan senyawa fenolik, yang juga memiliki efek positif pada penyembuhan luka.

6.     6. Mengurangi peradangan dalam tubuh

Bunga telang mengandung sekitar 51-52 persen asam oleat, yang merupakan asam lemak tak jenuh tunggal yang juga ditemukan dalam minyak zaitun. Manfaatnya sudah tidak diragukan lagi, yaitu mengurangi peradangan, serta menurunkan risiko kanker pada seseorang.

7.     7. Meringankan gejala asma

a. Sifat Antioksidan pada ekstrak bunga telang kaya akan antioksidan, yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Ini dapat mengurangi peradangan di saluran pernapasan, yang sering kali diperburuk oleh stres oksidatif.

b. Sifat Antiasthmatic: pada bunga telang memiliki sifat antiasthmatic yang dapat membantu meredakan gejala asma. Ini termasuk pengurangan sesak napas dan peradangan di saluran pernapasan, sehingga membuat pernapasan lebih mudah.