Kisah-kisah Manusia dalam Perjumpaan, Perpisahan, dan Kerinduan

Dilihat : 254

Judul buku      : Hati yang Sunyi

Penulis buku   : Maurinta

Penerbit           : Sheila Publisher

Tahun terbit    : 2023

Tebal buku      : 186 Halaman

ISBN               : 978-623-6844-90-8

 

 

Kisah-kisah Manusia dalam Perjumpaan, Perpisahan, dan Kerinduan

 

            Tiap orang pasti mempunyai fase kesepian di dalam hidupnya. Rasa kesepian itu biasanya muncul saat merindukan orang-orang tercinta yang tidak bisa ditemui setiap saat karena jauhnya jarak di antara mereka. Perasaan berat dan hampa ketika kita merindukan orang tua, anak, kekasih atau sahabat yang biasanya menemani dan mengisi hari-hari kita namun kini jauh di mata.

            Setiap orang mempunyai cara masing-masing untuk mengobati rasa kesepian itu. Hadirnya teknologi canggih berupa gadget bisa mengobati rasa kesepian dan rindu kepada orang-orang tercinta yang kini jauh meninggalkan mereka. Namun kadang rasa sepi karena ketidakhadiran secara langsung itu tak kunjung sirna. Kesepian melanda ketika sambungan seluler berakhir.

            Untuk itu manusia mencari kegiatan-kegiatan lainnya dalam mengisi kekosongan hati karena kerinduan tersebut. Ada yang sibuk bekerja, menjalin persahabatan, dan mengasuh anak yatim piatu. Ketiganya itu dilakukan Calvin dan Alea ketika harus merelakan anaknya melanjutkan jenjang pendidikan S2 di Inggris. Perasaan kerinduan yang mendalam pada putri satu-satunya itu cukup memberi dampak dalam hidupnya sehingga mereka berdua mencoba melanjutkan hidup dengan mencurahkan cintanya pada anak asuh.

 

Resensi Cerita

            Calvin dan Alea adalah pasangan suami istri denqan ekonomi menengah ke atas berusia empat puluhan yang hidup di suatu kota. Calvin seorang konsultan manajemen dan Alea juga seorang wanita karir. Mereka hanya mempunyai satu orang anak yaitu Rashilla Mutiara yang mempunyai prestasi bagus di bidang akademik sehingga dapat kesempatan kuliah S2 di Leeds, Inggris.

            Calvin dan Alea tentunya merasa senang ketika anak satu-satunya memberikan kebanggaan dengan meraih prestasi putrinya bisa kuliah kedua kalinya di luar negeri setelah sebelumnya menyelesaikan studi S1 di Singapura. Namun di hati terdalamnya mereka sebenarnya sangat berat melepas kepergian anaknya kuliah di daratan Eropa. Apa lagi jarak dari rumah lebih jauh ketimbang dari Singapura sehingga Rashilla tidak bisa sering-sering pulang.

            Untuk mengisi kekosongah hatinya, Calvin dan Alea mengadopsi Sivia Karamoy, seorang anak perempuan dari panti asuhan. Pada awalnya Alvin dan Alea tidak memberitakan hal ini pada Rashilla agar tidak mengganggu konsentrasi belajarnya di Inggris. Namun lambat laun Calvin dan Alea merasa penting untuk memberitahukannya secara jujur pada anaknya. Calvin dan Alea merasa senang ketika Rashilla tidak mempermasalahkan kehadiran Sivia sebagai anggota baru keluarga mereka

Sivia sangat beruntung mendapatkan orang tua asuh Calvin dan Alea. Keduanya sangat perhatian dan mencintai Sivia. Mereka mencukupi kebutuhan baik finansial, emosional ataupun afeksi pada Sivia.

Hal itu sangat berkebalikan dengan kehidupan Sivia di panti asuhan yang serba pas-pasan. Makanan di panti asuhan cukup terbatas dan sedikit pilihan. Kehidupan di panti asuhan pun begitu keras. Sivia beberapa kali mendapatkan perundungan dari teman sebayanya. Beberapa kali uang yang diberikan ayah asuhnya dicuri. Ia pun beberapa kali mendapatkan kekerasan verbal dari teman-temannya kecuali Mei, sahabat dekatnya.

Karena keadaan itulah Sivia ingin segera pindah ke rumah orang tua asuhnya. Namun perizinan untuk merealisasikan rencananya itu sangat sulit. Apalagi Calvin sebagai ayah asuhnya mengalami sakit sehingga surat izin adopsi sepenuhnya tidak bisa begitu saja didapat karena alasan kesehatan. Sambil menunggu surat perizinannya turun, Calvin dan Alea sudah beberapa kali mengajak Sivia tinggal di rumahnya dan mengikutsertakannya pada kegiatan-kegiatan mereka.

Di sisi lain Calvin dan Alea juga menjalin persahabatan dengan teman-temannya lintas generasi, lintas iman, dan lintas profesi. Ada Gabriel sebagai penjaga kantin, Asyifa putri dari seorang dokter, Arini seorang penulis dan CEO penerbit, Adica yang sok cool, Revan, dan Silvi. Persahabatan mereka sungguh unik karena beberapa di antara mereka ada yang menjadi pasangan kekasih. Salah satunya Asyifa dan Adica. Namun ada juga yang mempunyai perasaan cinta yang sulit direalisasikan karena perbedaan agama dan latar belakang keluarga seperti Gabriel dan Arini.

Sahabat-sahabat Calvin dan Alea juga mengalami kesunyian hatinya dalam bentuk yang berbeda-beda. Hal itulah yang membuat bagaimanapun drama yang terjadi di antara mereka, persahabatan mereka tetap menjadi prioritas utama. Walau banyak konflik di dalamnya, mereka mendapatkan keterpenuhan hati ketika mereka bersama-sama. Namun apakah semuanya bisa selalu baik-baik saja?

 

Aktual dan musikal

            Novel Hati yang sunyi ini merupakan karya yang unik. Karya novel kedua Maurinta ini mencakup berbagai permasalahan baik individu maupun kondisi sosial politik. Dalam hal psikologis, keadaan emosi dan kesepian tiap-tiap karakter menjadi titik utama dari konflik batin mereka. Sedangkan dalam wilayah yang lebih luas yaitu hubungan sosial dan kondisi politik, penulis mengeksplorasi  isu-isu yang masih aktual di negara kita seperti demonstrasi anti korupsi, eksklusivisme dan intoleransi.

            Penulis juga cukup jeli mengangkat isu perundungan atau bullying pada anak. Kasus perundungan masih kerap terjadi di sekolah, lembaga penampungan anak, dan juga tempat-tempat umum. Novel ini mengingatkan pada kita bahwa permasalahan ini masih ada dan negara belum berhasil menemukan formula yang tepat untuk menekan angka perundungan. Hal itu sangat riskan jika dibiarkan saja karena sangat mempengaruhi kondisi psikologis anak.

            Di luar cerita yang menarik, buku ini juga dilengkapi dengan beberapa lagu yang semakin memperkuat konflik dan emosi yang muncul pada cerita. Hal itu juga memberi sinyal kecintaan penulis pada musik sehingga memasukkan beberapa unsurnya dalam cerita.

            Untuk membaca lebih lanjut dan mengetahui akhir cerita dari tiap-tiap tokoh, novel Hati yang Sunyi bisa dipesan di www. andipublisher.com