Khasiat Teh di Bagi Pasien Terpapar Covid-19

Dilihat : 117
Teh ternyata tidak hanya diminum untuk melepas dahaga. Teh ternyata memiliki khasiat baik bagi pasien Terpapar Covid-19.


Varian Omicron telah membuat kasus Covid-19 melonjak naik, bahkan sejumlah wilayah mulai kembali memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Sejumlah kantor bahkan mulai memberlakukan kembali sistem Work From Home (WFH). Sejumlah sekolah dan institusi pendidikan juga sudah mulai kembali memberlakukan kegiatan pembelajaran daring. Hal ini guna menekan kembali angka pertumbuhan Covid-19, khususnya varian Omicron. 


Melonjaknya kasus dan pemberlakuan PPKM kembali membuat sejumlah orang merasa khawatir dengan kesehatan mereka. Terutama bagi mereka yang sudah terpapar oleh varian omicron. Sebagian besar orang mulai mencari alternatif pengobatan dan pencegahan agar tidak terpapar oleh omicron. Namun tidak banyak tahu jika ternyata bahan disekitar kita juga bisa digunakan untuk menjadi alternatif pengobatan Covid -19. Salah satunya adalah teh. Yuk, simak khasiat teh bagi pasien pengidap Covid-19!


Kandungan ECGC 


Teh Hijau Mengandung ECGC/briliofood.net

Teh memiliki kandungan bernama EGCG atau Epigallocatechin gallate. ECGC merupakan senyawa tumbuhan yang terdapat di dalam teh hijau. ECGC dapat mengurangi peradangan, menurunkan berat badan mencegah potensi penyakit jantung. ECGC juga disebut sebagai katekin. Katekin dapat dikategorikan ke dalam kelompok tanaman senyawa yang lebi besar, yaitu polifenol. ECGC atau Epigallo bisa menjadi antioksidan yang kuat dan mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat didefinisikan sebagai partikel yang mampu merusak sel-sel sehat tubuh dalam tubuh dan beresiko memicu penyakit jika kadar radikalnya terlalu tinggi. 


Penelitian menunjukkan ECGC dapat mengurangi peradangan dan mencegah kondisi kronis tertentu seperti diabetes, penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Kandungan ECGC sebenarnya juga dapat ditemukan di beberapa sumber makanan nabati (tumbuhan). Selain itu, senyawa ini juga dapat ditemukan dalam bentuk vitamin atau suplemen yang dijual di apotek. 


Kandungan ECGC untuk Covid-19


Covid-19/infeksiemerging.kemkes.go.id

Dr. Astrid Wulan Kusumoastuti mengatakan jika kandungan ECGC bisa membantu dalam menghambat replikasi virus Sars-Cov. Oleh karena itu, teh hijau dianggap ampuh dalam mengurangi keparahan Covid-19. Walaupun begitu, Dr. Astrid menegaskan jika kita tidak boleh hanya bergantung pada teh hijau. Kita juga harus tetap meminum obat yang dianjurkan oleh dokter.


Terdapat sejumlah teh yang mengandung ECGC. Adapun jenis teh tersebut:

1. Teh Hijau 

2. Teh Oolong

3. Teh Hitam



Teh ternyata tidak hanya digunakan sebagai bahan minuman ketika santai. Teh ternyata memiliki banyak khasiat terutama bagi pasien pengidap Covid-19. Adapun teh juga dapat memberikan khasiat untuk membantu kita mengurangi potensi terpapar Covid-19, khususnya varian Omicron. Secara lebih lanjut kita bisa membacanya dalam buku 1001 Teh, Dari Asal-Usul , Tradisi, Khasiat, Hingga Racikan Teh