Jenis Tanaman Hortikultura yang Dapat Kamu Tanam di Rumah

Dilihat : 323
Tanaman hortikultura menjadi alternatif untuk ditanam di rumah. Tanaman hortikultura biasanya mengarah pada tanaman  yang bisa dikonsumsi. 


Tanaman hortikultura adalah cabang ilmu pertanian yang mengelola jenis tanaman seperti sayuran, buah-buahan dan tanaman hias.  Dilansir dari CNN Indonesia, aktivitas hortikultura pada dasarnya adalah teknik berkebun domestik yang menggunakan budidaya alami seperti pertanian besar. Walaupun dikatakan sebagai bentuk pertanian besar, tanaman hortikultura juga bisa ditanam di lahan yang sempit seperti pekarangan rumah. Oleh karena itu, tanaman hortikultura dapat dikatakan cocok untuk ditanam di pekarangan rumah


Tanaman Hortikultura/seputargk.id

Tanaman hortikultura memiliki potensi pengembangan yang baik karena memiliki nilai ekonomi dan potensi pasar yang lebih tinggi dan terbuka lebar. Bahkan potensi ini tersedia di dalam dan luar negeri. Tanaman hortikultura juga mampu meningkatkan apresiasi produk tanaman hortikultura sehingga tanaman hortikultura tidak hanya dipandang sebagai penyedia bahan pangan melainkan memiliki fungsi lainnya. Seperti,  menjadi sumber pendapatan, mencegah dan mengobati berbagai penyakit dan menjadi unsur kenyamanan dan keindahan lingkungan. 


Jenis Tanaman Hortikultura

Tanaman hortikultura memiliki beragam jenis yang perlu kita ketahui. Beberapa jenis tanaman hortikultura biasanya juga sudah ditanam oleh masyarakat umum di pekarangan rumah. Adapun jenis tanaman hortikultura dibagi menjadi empat. Mulai dari olerikultura hingga biofarmaka. Yuk, simak jenis tanaman hortikultura sebagai berikut.


1.  Tanaman Sayur (Olerikultura)

Tanaman olerikultura atau tanaman sayur tentu sudah tidak lagi asing di telinga kita. Hal ini dikarenakan sayuran menjadi salah satu bahan pangan yang memiliki banyak kandungan gizi sehingga baik untuk kesehatan tubuh manusia. Tanaman sayuran dapa dibagi menjadi dua, yaitu tanaman musiman dan tanaman tahunan. Tanaman musiman sendiri adalah tanaman yang hanya bisa ditanam dalam kondisi musim tertentu seperti musim panas dan musim penghujan. Adapun jenis tanaman musiman, yaitu bawang merah, bawang putih, kubis, wortel, sawi, bayam, kangkung dan kentang. 

Sayuran/cnnindonesia.com

Selain tanaman musiman, adapun tanaman tahunan. Tanaman tahunan adalah tanaman yang tidak perlu ditanam menunggu musim. Artinya, tanaman tersebut dapat terus tumbuh dan memberikan hasil tanpa melihat musim. Adapun contoh dari tanaman tahunan adalah ubi kayu, ubi jalar, melinjo, jengkol, petai dan ketela pohon


2. Tanaman Buah-buahan (Frutikultura)

Buah-buahan/goodhousekeeping.com

Tanaman frutikultura atau yang lebih dikenal dengan tanaman buah tentu juga tidak asing di telinga kita. Hal ini dikarenakan buah-buahan menjadi salah satu bahan pangan yang memiliki banyak kandungan gizi terutama vitamin. Hal ini yang juga menjadi salah satu alasan mengapa kita harus rajin mengonsumsi buah-buahan. Tidak berbeda dengan sayur-sayuran, buah-buahan juga terdiri dari tanaman musiman dan tanaman tahunan. Adapun jenis tanaman musiman, yaitu jeruk, melon, semangka dan rambutan. Sementara itu, tanaman tahunan terdiri dari sawo, belimbing, mangga, nangka dan nanas. 


3. Tanaman Bunga (Florikultura)


Tanaman Bunga/britannica.com

Tanaman hortikultura satu ini digunakan untuk menambahkan unsur estetika suatu ruangan atau area tertentu. Tanaman bunga dapat dikatakan memiliki teknik dan perawatan yang tergolong mudah.  Adapun jenis tanaman bunga yang sudah sering ditanam oleh masyarakat pada umumnya, yaitu mawar, krisan, anyelir, melati dan bugenvil. 


4. Tanaman Obat (Biofarmaka)


Tanaman Obat/ugm.ac.id

Tanaman obat atau biofarmaka adalah tanaman yang juga sering dikaitkan dengan tanaman obat keluarga (toga). Tanaman ini juga tergolong mudah tumbuh, baik di ladang luas maupun pekarangan rumah. Tidak hanya berfungsi sebagai obat, tanaman-tanaman ini juga dapat berfungsi sebagai kosmetik dan perawatan alami tubuh. Contoh tanaman obat yang sudah sering ditanam adalah serai, lengkuas, temulawak, mengkudu dan kayu manis. 


Penanaman tanaman hortikultura dapat mudah dipelajari dalam buku Pembibitan dan Kultur Jaringan Tanaman  Untuk SMK/MAK Kelas XII, Bidang Keahlian: Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura. Buku tersebut dapat membantu kita dalam mempelajari pengembangan tanaman hortikultura sebagai bahan pangan dan keseharian lainnya. Buku Pembibitan dan Kultur Jaringan untuk SMK/MAK Kelas XII, Bidang Keahlian: Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura dapat diperoleh melalui situs web dan market place Andi Publisher.