Cerita Rakyat Dokkaebi dari Korea Selatan yang Menginspirasi Drama Korea Goblin

Dilihat : 6472
Korea Selatan memiliki cerita rakyat terkenal berjudul Dokkaebi. Cerita rakyat ini berhasil menjadi inspirasi Drama Korea Goblin.


Drama Korea Goblin adalah salah satu drama populer yang banyak ditonton oleh orang. Drama yang mengusung makhluk mitologi Korea Selatan ini berhasil menyabet berbagai macam penghargaan. Salah satunya adalah penghargaan 'Best Drama'. Drama Korea Goblin dibintangi oleh sejumlah aktor dan aktris terkenal. Seperti, Gong Yoo, Kim Go-Eun, Lee Dong-Wok dan Yook Sungjae BtoB. 


Di balik popularitas Drama Korea Goblin ternyata ada fakta menarik yang belum banyak diketahui oleh orang. Drama Korea Goblin ternyata terinspirasi dari cerita rakyat Dokkaebi dari Korea Selatan. Walaupun begitu, Drama Korea Goblin memiliki jalan cerita yang berbeda dari cerita rakyat Dokkaebi


Dokkaebi atau Goblin adalah makhluk mitologi Korea Selatan yang dipercaya sebagai roh dengan kekuatan yang tidak biasa. Dokkaebi sering menggunakan kekuatannya untuk menyihir, mengejek dan menggoda. Walaupun begitu, di beberapa kesempatan Dokkaebi juga memberikan bantuan pada manusia. 


Ilustrasi Dokkaebi/hanstyle.blog

Menurut kepercayaan rakyat Korea Selatan, Dokkaebi berasal dari alat-alat rumah tangga yang sudah tidak lagi terpakai dan dibuang. Alat-alat rumah tangga yang dipercayai mampu menciptakan Dokkaebi adalah keranjang, saringan, sapu dan benda yang pernah terkena darah manusia. Dokkaebi biasanya muncul di sudut ruangan yang lembab, gelap dan menakutkan. Dokkaebi kebanyakan muncul di malam hari namun terkadang juga bisa muncul di siang hari ketika cuaca berkabut karena hujan. 


Dokkaebi juga terkenal usil. Mereka suka menggoda manusia seperti mencoba berubah seperti wanita cantik. Bahkan Dokkaebi juga suka menyanyi, menari dan mengejar wanita. Dokkaebi juga terkenal dengan kebodohannya. Beberapa cerita mengatakan jika Dokkaebi suka meminjam uang kepada manusia dan membayarnya berulang kali. 



Cerita rakyat Dokkaebi adalah salah satu cerita rakyat dari Korea Selatan yang tidak asing lagi didengar oleh kita. Walaupun begitu, masih banyak cerita rakyat Korea Selatan yang masih belum kita dengar. Yuk, simak cerita rakyat Korea Selatan lainnya dalam buku Seri Cerita Rakyat Dunia: Cerita Rakyat Korea Selatan.