Cara Mudah dan Menyenangkan Belajar Hiragana dan Katakana

Dilihat : 133

Bahasa Jepang adalah salah satu bahasa yang sangat lazim kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Dalam budaya populer kita Bahasa Jepang sering kita dengar dan lihat dalam musik, film, dan iklan di televisi. Aksara Jepang juga sering kita jumpai di komik, buku cerita, dan film kartun yang sering kita tonton. Aksara Jepang juga sering kita temui dalam manual book pada alat-alat elektronik, mainan, dan bungkus makanan ringan.

Banyaknya aksara Jepang yang tersebar di sekitar kita tersebut akan kita rasakan manfaatnya apabila kita bisa memahami makna di dalamnya. Kita bisa memahami lebih dalam cerita dalam film dan lebih meresapi makna dalam lagu. Kita jadi lebih paham bagaimana menjalankan alat-alat elektronik dengan benar dan dapat merawatnya menjadi lebih baik.

Dalam ranah formal bahasa Jepang juga telah menjadi rujukan bahasa Internasional yang penting untuk dikuasai. Berbagai kerjasama pendidikan dan pekerjaan telah terjalin antara Indonesia dan Jepang. Ketika dibuka pendaftaran pertukaran pelajar tentunya akan lebih beruntung bagi kita yang memahami bahasa dan aksara Jepang. Begitu juga di lapangan pekerjaan, akan lebih menguntungkan jika kita bekerja di Jepang setelah memahami kemampuan dasar berbicara dan membaca dalam bahasa Jepang.

Untuk mengawali belajar bahasa Jepang memang tidak harus secara formal. Ada yang belajar melalui menonton anime, mendengarkan musik, ataupun menghafalkan kosakata melalui kamus bahasa Jepang-Indonesia atau buku-buku pengantar bahasa Jepang. Salah satu buku yang patut dicoba adalah buku Belajar Mudah Hiragana dan Katakana: Cepat Membaca dan Menulis Hiragana karya Munawaroh. Buku yang diterbitkan Pustaka Referensi tahu 2023 ini sangat cocok bagi pemula bahkan yang sama sekali belum pernah mempelajari bahasa Jepang.

Seperti kita ketahui bahasa Jepang mempunyai aksaranya sendiri yang sangat khas. Secara umum aksara Jepang terdiri dari tiga jenis yaitu aksara kanji, hiragana, dan katakana. Jika aksara kanji bentuknya sangat rumit dan kompleks, maka hiragana dan katakana ini menjadi bagian yang lebih sederhana dan mudah dipahami. Dalam buku ini Munawaroh menawarkan metode belajar membaca dan menulis hiragana dengan mudah dan menyenangkan.

Sebagai buku belajar bahasa, buku setebal 119 halaman ini disajikan dengan tidak membosankan. Pada pembukaan penulis mengajak pembaca mengenal Negara Jepang lebih dekat. Penulis memberi gambar geografis kepulauan Jepang lengkap dengan nama-nama daerah dan pembagian teritorialnya. Pembaca bisa mengenal mulai pulau-pulau besar seperti Okinawa, Honshuu, dan Hokkaido, kota-kota besar seperti Tokyo, Fukuoka, dan Nagoya, hingga perfektur seperti Ibaraki, Gunma, dan Aomori. Semua daerah itu dilengkapi dengan aksara Hiragana sehingga memberi gambaran awal bagi pembaca bagaimana cara pembacaan aksaranya sebelum belajar lebih intensif. Setelah itu penulis mengajak pembaca mempelajari bagaimana cara menuliskan nama-nama negara di dunia menggunakan Hiragana.

Pada bab selanjutnya penulis menceritakan tentang sejarah dan asal mula huruf Jepang. Penulis menceritakan tiga jenis huruf Jepang yaitu kanji, hiragana, dan katakana dengan lebih detail. Dengan begitu pembaca menjadi lebih memahami perbedaan karakter di antara ketiganya serta kapan menggunakannya.

Pada bab selanjutnya penulis mengajak pembaca mengenali urutan huruf hiragana dan katakana. Jika katakana mempunyai karakter garis yang lebih kaku dan berbentuk lurus atau siku, maka hiragana mempunyai karakter lebih lembut dan cenderung bulat.

Penulis juga menjelaskan tanda baca untuk melengkapi hiragana dan katakana sehingga fungsi dan cara bacanya menjadi lebih jelas. Macam-macam tanda baca itu antara lain dakouan (tanda “ten-ten”), handokuan (tanda maru), youon (bunyi ya, yu, yo), chouon (bunyi panjang), dan masih banyak lainnya.

Pada bab berikutnya penulis menjelaskan perbedaan dan fungsi hiragana dan katakana dengan lebih detail. Tak cukup di situ, penulis juga mengajak pembaca mulai berlatih menuliskan huruf hiragana standar mulai yang sederhana hingga yang rumit. Dalam buku ini penulis memberikan langkah-langkah menuliskan aksara hiragana ini sehingga pembaca tinggal menirukan langkah-langkah tersebut dengan mudah.

Setelah selesai bereksplorasi dengan huruf hiragana dasar, penulis mengajak pembaca berlatih menuliskan huruf katakana dasar. Dengan langkah yang sama seperti sebelumnya, penulis mengajak pembaca berlatih dengan suasana menyenangkan. Di buku ini sudah disediakan kolom-kolom huruf untuk berlatih berulang-ulang agar semakin terbiasa.

Selain belajar dengan metodik dan teratur, buku ini juga memberikan kesempatan bagi pembaca untuk refreshing dan bermain sejenak. Penulis menyediakan lembar yang berisi permainan-permainan seperti mengurutkan kata, tebak huruf, dan juga teka-teki silang.

Pada bagian akhir buku, penulis memberikan pembaca sebuah kamus mini berupa urutan kosakata yang sering digunakan dalam percakapan dalam bahasa Jepang. Kamus mini itu sudah lengkap dengan huruf katakana atau hiragana plus bagaimana cara pengucapannya.

Untuk belajar lebih mendalam dan meraih kemahiran berbicara dan menulis dalam bahasa Jepang memang idealnya belajar secara formal seperti mengikuti kursus atau belaja formal bahasa Jepang di jurusan sastra Jepang. namun untuk mengawalinya kita bisa belajar mandiri dengan buku Belajar Mudah Hiragana dan Katakana: Cepat Membaca dan Menulis Hiragana. Buku ini bisa dibeli di toko-toko buku terdekat atau bisa dipesan secara online melalui situs www.andipublisher.com.https://andipublisher.com/produk/detail/belajar-mudah-hiragana-dan-katakana-cepat-membaca-dan-menulis-hiragana