Bahaya Efek Ganja Bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui

Dilihat : 150
Ganja termasuk ke dalam salah satu jenis narkotika yang paling banyak digunakan di Indonesia. Penggunaan ganja yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan tubuh manusia. 


Ganja adalah salah satu jenis narkotika yang berasal dari tanaman Cannabis Sativa. Tanaman ini mengandung 100 bahan kimia yang memiliki efek yang berbeda-beda di tubuh. 100 bahan kimia tersebut dikenal dengan nama cannabinoid. Dua diantaranya adalah Delta-9-tetrahydrocannabinol (THC) dan Cannabidol (CBD). THC inilah yang memberikan efek mabuk atau high.


Senyawa cannabinoid diproduksi juga oleh tubuh untuk mengatur konsentrasi, nafsu makan, sensasi pada indra dan gerak tubuh. Namun pada ganja sebagian senyawa ini sangat kuat dan dapat menyebabkan efek kesehatan yang serius jika disalahgunakan. Yuk, simak efek ganja bagi kesehatan sebagai berikut.


1. Hilang Kendali dan Halusinasi

Efek ini adalah efek yang paling umum diketahui oleh banyak orang. Mengonsumsi ganja dapat menyebabkan halusinasi, euforia dan hilang kendali. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor ganja dilarang untuk dikonsumsi. Efek ini dapat berbahaya khususnya bagi anak muda.


2. Bisa Kecanduan

Efek ini sebenarnya masih diragukan. Walaupun begitu, ganja terdiri dari bahan adiktif yang dapat menyebabkan ketergantungan. Ganja yang terus dikonsumsi tentunya dapat berakibat fatal dan berujung pada overdosis.


3.  Masalah Paru-paru

Pemakai ganja akan mengalami masalah pernapasan termasuk paru-paru. Mengonsumsi 3-4 puntung ganja setara dengan bahaya mengonsumsi 20 puntung rokok. Pengguna ganja memiliki resiko lebih tinggi terhadap gangguan paru-paru dibandingkan perokok. 


4. Gangguan Reproduksi

Pria yang menggunakan ganja dapat membuat jumlah sperma berkurang. Sementara itu, wanita yang menggunakan ganja dapat terkena efek berupa siklus menstruasi yang tidak teratur.


5.Sakit Jiwa

Di tingkat yang parah, pengguna ganja akan membuat seseorang mengalami gangguan jiwa.