5 Tips Membangun Bisnis Kreatif

Dilihat : 165
Membangun bisnis yang sukses menjadi impian bagi banyak orang. Saat ini bisnis kreatif menjadi bidang bisnis yang paling banyak menghasilkan keuntungan. 


Membangun bisnis menjadi alternatif bagi banyak orang untuk memperoleh keuntungan. Namun tidak jarang bisnis yang dibangun mengalami kegagalan. Hal ini dapat disebabkan karena banyak faktor. Mulai dari ide bisnis hingga pemasaran yang dilakukan. Oleh karena itu, kita perlu berhati-hati ketika membangun bisnis. Kita perlu membuat rencana bisnis yang tepat agar terhindar dari kerugian yang berat. 


Rencana bisnis dapat dimulai dengan menentukan ide bisnis yang tepat. Saat ini ide bisnis perlu berbeda dari ide bisnis yang kemarin-kemarin. Hal ini dikarenakan orang-orang memiliki ketertarikan pada sesuatu yang kreatif dan berbeda dari sebelumnya. Secara lebih lanjut, kita bisa menyimak tips membangun bisnis kreatif sebagai berikut.


1. Temukan Celah 


Ilustrasi Pasar/sydney.com

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menemukan celah di pasar. Kita perlu peka dalam mencari masalah yang ada di pasar seperti apa yang dibutuhkan oleh orang saat ini. Hal ini dikarenakan rata-rata orang menginginkan sesuatu yang instan dan mudah. Tidak hanya peka dalam menemukan masalah, kita juga harus bisa memberikan solusi. Solusi inilah yang kemudian dapat dijadikan ide bisnis oleh kita. 


2. Bangun Relasi 


Membangun Relasi/aihr.com

Cara kedua yang dapat kita lakukan adalah dengan membangun relasi. Membangun relasi dapat kita mulai dari teman-teman dekat yang ada di sekitar kita atau berkenalan dengan kenalan mereka. Kita bisa menentukan sendiri tipe bisnis kita dapat berupa B2B (bisnis ke bisnis) dan B2C (bisnis ke konsumen). Membangun relasi dapat membuat kita dikenal dan orang-orang akan menghubungi kita terutama ketika mereka membutuhkan bisnis kita. 


3. Modal 


Ilustrasi Memberikan Modal/miuc.org

Modal yang dibutuhkan dalam membangun bisnis tentu tidak sedikit. Kita bisa mengumpulkan modal dari pendapatan tetap kita, menjual barang-barang atau mungkin melakukan investasi dengan uang yang kita punya. Setelah modal cukup, kita dapat segera mencari investasi dengan cara membuat konsep dan rencana bisnis yang solid. Perlu diingat bahwa mencari investasi memerlukan kesabaran. Kita bisa memulainya skala kecil. 


4. Pemasaran 



Ilustrasi Pemasaran/qiscus.com

Cara yang selanjutnya adalah memikirkan cara memasarkan produk yang kita jual. Kita perlu berpikir kreatif dalam tahap ini karena kita perlu membuat iklan dan promosi yang menarik perhatian konsumen. Hal ini dikarenakan visual yang menarik dapat menarik perhatian konsumen untuk memperhatikan produk yang kita jual. Kita juga bisa membuat harga menarik agar konsumen semakin tertarik. \


5. Belajar Bisnis



Membangun bisnis kreatif dapat dimulai kapan saja asal kita memiliki keyakinan penuh untuk menjalani setiap prosesnya. Secara lebih lanjut, kita bisa menyimak tips lainnya di buku Cerdik & Sukses Jualan Online : Bonus Ebook the Affiliate Marketing Success Road Map. Buku tersebut berisikan informasi lengkap mengenai penjualan secara online yang saat ini sudah digunakan oleh banyak orang. Ada diskon 30% untuk semua buku bisnis di Shopee Mall penerbitandiofficial, lho!