5 Manfaat Merajut yang Tidak Terduga

Dilihat : 210
Merajut sering disangka sebagai hobi yang ketinggalan zaman. Padahal merajut memiliki banyak manfaat yang tak terduga. 


Merajut adalah salah satu hobi yang tidak banyak digemari. Merajut identik dengan hobi orang tua atau nenek-nenek. Hal ini dikarenakan kita selalu melihat nenek-nenek yang sedang merajut di televisi dan media hiburan lainnya. Namun tahukah jika merajut ternyata bukan merupakan hobi orang tua yang ketinggalan zaman. Merajut bisa dilakukan oleh orang muda seperti yang dilakukan oleh atlet locat Indah, Tom Daley. Di Olimpiade Tokyo 2020 lalu, Daley berulang kali tertangkap kamera. Dirinya terlihat sedang sibuk merajut. 


Daley mengatakan jika dirinya memang sudah mulai merajut sejak Inggris lockdown akibat pandemi Covid-19. Daley menambahkan jika merajut membuatnya rileks dan fokus sehingga dia bisa memberikan performa yang baik. Hal ini terbukti karena Daley berhasil meraih medali emas loncat indah kategori sinkronisasi 10 meter putra di Olimpiade Tokyo. Yuk, simak selengkapnya 5 manfaat merajut!


1. Meredakan Stress


Ilustrasi Bahagia/pinterest.com

Merajut ternyata dapat meredakan stress. Hal ini dikarenakan ketika merajut kita memerlukan konsentrasi yang tinggi agar tidak salah dalam menjalin benang. Fokus ketika merajut ini yang dapat melatih kita menghalau gangguan atau distraksi yang menyebakan stress. 


2. Meningkatkan Kecerdasan 


Ilustrasi Cerdas/unsplash.com

Merajut ternyata dapat meningkatkan kecerdasan seseorang. Hal ini dikarenakan ketika kita merajut, otak dilatih untuk berpikir dan fokus. Sama seperti otot yang dilatih menjadi semakin kuat, otak yang terus dilatih dapat meningkatkan kecerdasan dan kemampuan kognitif otak. 


3. Mengurangi Kecemasan 


Ilustrasi Tenang/unsplash.com

Ketika kita merajut, kita mengatur lengan seperti menciptakan lengkung perlindungan terhadap tubuh. Menurut fisioterapis Betsan Corkhill, gerakan tersebut dapat mencip0takan zona aman dan nyaman untuk orang yang memiliki masalah kecemasan. 


4. Meningkatkan Kepercayaan Diri


Ilustrasi Percaya Diri/wise-geek.com

Ketika kita merajut, kita akan mempelajari kemampuan baru. Merajut dapat memacu sirkuit 'reward' otak dan menginspirasi orang untuk menghadapi tantangan lain. Ketika tantangan tersebut berhasil dihadapi, kita akan merasa bangga dan percaya diri. 


5. Mengasah Kreativitas


Ilustrasi Kreativitas/scientificamerican.com

Hasil dari merajut dapat kita gunakan untuk diri sendiri atau menghadiahkan ke orang lain. Hal ini yang akan membuat kita terdorong untuk terus berpikir kreatif, mengasah diri mencari inspirasi untuk menghasilkan kado dari hasil rajutan. 



Merajut menjadi salah satu hobi yang bisa dilakukan oleh anak muda zaman sekarang. Hal ini dikarenakan merajut memiliki banyak manfaat terutama di masa pertumbuhan dan perkembangan. Kita bisa memulainya dengan membaca buku Aneka Kreasi Pola Rajut, Teknik Dasar Merajut Langkah-langkah Pembuatan Analisis Usaha