5 Manfaat Membaca Bagi Mahasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Dilihat : 158
Membaca menjadi salah satu kegiatan membosankan bagi sejumlah mahasiswa. Padahal membaca bisa memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa. 


Membaca buku adalah salah satu kegiatan yang dapat dilakukan di waktu luang. Namun bagi mahasiswa membaca seolah menjadi makanan wajib sehari-hari. Mulai di kelas bahkan ketika di luar kelas ketika mengerjakan tugas. Tidak sedikit mahasiswa yang mengeluh karena harus terus membaca buku. Terutama bagi mereka yang tidak suka membaca buku. Padahal buku memberikan sejumlah manfaat yang dapat menguntungkan kita, lho! Apa aja sih manfaatnya? Yuk, simak selengkapnya!


1. Menambah Gagasan 


Ilustrasi Gagasan/osc.medcom.id

Membaca buku dapat menambah informasi dan wawasan yang kita miliki. Sebagai mahasiswa kita memiliki tuntutan untuk memiliki banyak informasi dan wawasan. Tidak hanya diperlukan untuk dunia perkuliahan tapi juga diperlukan untuk kegiatan di luar perkuliahan juga. Misalnya, organisasi bahkan ketika mengobrol santai dengan orang lain. Ketika kita memiliki banyak gagasan tentu kita bisa lebih enak untuk diajak mengobrol atau dalam artian kita bisa nyambung untuk diajak ngomong oleh orang lain. 


2. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi 


  1. Ilustrasi Fokus dan Konsentrasi/attitudemag.com

Membaca memerlukan suasana yang tenang dan kondusif. Oleh karena itu, perpustakaan selalu memiliki larangan kepada pengunjungnya agar tidak berisik. Hal ini dikarenakan semakin tenang dan kondusif suatu ruangan, kita semakin mudah untuk menyerap informasi yang ada di buku tersebut. Membaca buku dengan fokus dan konsentrasi dapat membiasakan kita untuk fokus dan konsentrasi ketika melakukan kegiatan lainnya. 


3. Meningkatkan Perbendaharaan Kata


llustrasi Perbendaharaan Kata/fordhaminstitute.org

Membaca buku dapat meningkatkan perbendaharaan kata kita. Hal ini dikarenakan setiap penulis buku memiliki kosa katanya sendiri. Bahkan sejumlah penulis senior menggunakan kosa kata yang sudah jarang digunakan di masa sekarang. Selain itu, buku dengan bahasa asing juga dapat membantu kita meningkatkan perbendaharaan kata sekaligus membantu kita dalam mempelajari bahasa tersebut. 


4. Meningkatkan Kemampuan Menulis 


Menulis/inc.com

Membaca dapat memudahkan kita untuk menulis. Hal ini dikarenakan membaca dapat membantu kita dalam mendapatkan inspirasi dan ide tulisan. Selain itu, membaca dapat menjadi panduan kita dalam menulis. Membaca dapat membantu kita memiliki gambaran dan menyeleksi informasi yang ingin ditulis dalam suatu tulisan dari perspektif pembaca. 



Hai, teman-teman mahasiswa! Membaca mungkin memang membosankan dan menjenuhkan. Namun membaca dapat memberikan manfaat yang baik untuk kalian. Kabar baiknya lagi kita punya Promo Diskon 50% untuk Buku Perguruan Tinggi. Promo ini bisa kamu pakai untuk mempermudah perkuliahan dan tentunya juga memberikan manfaat lebih untuk meningkatkan kualitas dirimu. Yuk, segera borong!