5 Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Menyambut Kelahiran Buah Hati

Kelahiran buah hati menjadi hal yang penting bagi orang tua. Oleh karena itu, orang tua wajib mempersiapkan beberapa hal untuk menyambut kelahiran buah hati. 


Kelahiran buah hati selalu menjadi momen menyenangkan bagi semua orang tua terutama bagi pasangan baru. Kelahiran buah hati selalu menjadi yang ditunggu-tunggu bagi sebagian besar pernikahan. Oleh karena itu, banyak orang tua dan calon orang tua yang mulai mempersiapkan diri demi menyambut kelahiran sang buah hati . Berbagai persiapan dilakukan, mulai dari hal kecil hingga hal yang besar. Kira-kira apa saja sih hal yang wajib untuk dipersiapkan dalam menyambut kelahiran buah hati? Yuk, simak selengkapnya!


1. Membersihkan Ruangan


Membersihkan Ruangan/hideawaystorage.com

Bayi yang baru lahir rentan terahadap kondisi lingkungan sehingga membutuhkan udara yang bersih dan nyaman. Tidak hanya bayi, calon ibu juga membutuhkan udara bersih menuju proses melahirkan sang buah hati. Oleh karena itu, hal ini wajib diperhatikan terutama bagi suami dan keluarga untuk membantu dalam menjaga kebersihan rumah. 


2. Perhatikan Keamanan


Baby Gate/istockphoto.com

Sebelum buah hati lahir, kita perlu memperhatikan keamanan bayi bahkan sejak kehamilan trimester tiga. Salah satunya adalah dengan menggunakan pagar di area tangga rumah jika rumah kita bertingkat, gunakan pelindung ujung perabotan dan penutup colokan listrik. Selain itu, kita juga perlu menjauhkan bahan kimia dari tempat yang terjangkau oleh buah hati.


3. Tempat Mengganti Baju atau Popok


Mengganti Popok Bayi/orami.co.id

Kita harus mempersiapkan tempat untuk mengganti baju atau popok agar leluasa ketika mengganti baju atau popok buah hati. Namun jika kita tidak memiliki ruang lebih, kita bisa hanya dengan menata ulang peletakkan barang dan furniture.


4. Membersihkan Freezer untuk Menyimpan ASI


Membersihkan Freezer/sendhelper.com

Hal yang juga harus diperhatikan selanjutnya adalah dengan membersihkan dan menyiapkan ruangan di bagian freezer lemari es. Jika kita memiliki rencana untuk memberikan Air Susu Ibu (ASI) selama dua tahun, kita membutuhkan ruang di lemari es untuk menyimpan ASI Perah (ASIP). Oleh karena itu, kita harus memastikan agar ASI tersebut tidak tercampur dengan bahan makanan yang kita simpan di freezer.


5. Belanja Kebutuhan Rumah Tangga dan Buah Hati


Belanja Kebutuhan/klikdokter.com

Setelah melahirkan tentu tubuh akan merasa lelah. Oleh karena itu, sebelum kelahiran sang buah hati, kita perlu berbelanja kebutuhan rumah tangga dan buah hati agar semua kebutuhan tercukupi dengan baik setelah melahirkan. 


Selain kelima hal di atas, kita juga bisa mempersiapkan hal lain. Salah satunya adalah dengan membaca buku parenting dari Andi Publisher. Saat ini sedang ada diskonm 50% untuk buku parenting, lho! Yuk segera kunjungi halaman ini untuk menyambut kelahiran sang buah hati tercinta!