4 Tips Lolos Hadapi SBMPTN yang Sobat Andi Harus Tahu!

Dilihat : 88
Perguruan Tinggi Negri (PTN) menjadi opsi favorit bagi banyak orang. Sejumlah orang mulai mempersiapkan diri untuk lolos menghadapi SBMPTN. 


PTN selalu menjadi pilihan banyak orang. Mulai dari UGM, UI, UNPAD dan sejumlah PTN lainnya yang tersebar di Indonesia. Berbagai macam jalur masuk PTN juga tersedia. Mulai dari jalur undangan hingga jalur lainnya. Salah satunya adalah jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negri (SBMPTN). Jalur ini melibatkan calon mahasiswa untuk mengikuti serangkaian ujian sebagai syarat untuk diterima di PTN yang dituju. 


Tidak jauh berbeda dengan jalur lainnya, SBMPTN juga memerlukan persiapan yang matang. Mulai dari persiapan mental hingga latihan soal. Yuk, simak selengkapnya persiapan dalam menghadapi SBMPTN!


1. Mempersiapkan Mental 


Ilustrasi Siap Berjuang/thehansindia.com

Tips pertama yang harus dilakukan dalam persiapkan jelang SBMPTN adalah mempersiapkan mental. Mental dibutuhkan agar kita tidak terkejut dengan soal-soal SBMPTN yang mungkin belum pernah kita pelajari sebelumnya. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan mental agar fokus kita tidak terganggu nantinya. 


2. Gaya Belajar


Belajar Bersama/ox.ac.uk

Tips kedua yang dapat dilakukan adalah dengan mengetahui gaya belajar kita. Gaya belajar orang tertentu berbeda-beda, ada yang bisa belajar sendirian dan ada juga yang harus belajar bersama dengan teman-teman. Gaya belajar dapat membantu kita dalam meresapi materi-materi yang dibutuhkan selama ujian SBMPTN. 


3. Latihan Soal


Tips selanjutnya adalah dengan terus melakukan latihan soal. Latihan soal dapat dilakukan melalui buku-buku kumpulan latihan soal SBMPTN di Andi Publisher. Latihan soal tersebut dapat membantu kita untuk terbiasa dengan pola soal yang ada di SBMPTN. Hal ini akan mengurangi tingkat kegagalan kita di SBMPTN.


4. Ikuti Try Out


Mengikuti Try Out/campusfrance.org

Mengikuti try out  juga menjadi salah satu tips yang dapat dilakukan dalam mempersiapkan SBMPTN. Hal ini dikarenakan try out juga memiliki sedikit kesamaan dengan SBMPTN sehingga dapat kita manfaatkan sebagai latihan soal.