3 Tips Ampuh Menemukan Judul Skripsi yang Wajib Kamu Tahu

Dilihat : 134
Skripsi menjadi tugas akhir yang wajib untuk dikerjakan mahasiswa. Salah satu hambatan mengerjakan skripsi adalah mendapatkan judul yang menarik. 


Skripsi adalah tugas akhir untuk mendapatkan gelar sarjana. Oleh karena itu, skripsi membutuhkan persiapan dan proses yang lebih rumit dibandingkan tugas biasanya. Salah satunya adalah menentukan judul skripsi. Tidak sedikit mahasiswa yang merasa kebingungan dan ada juga yang sampai menyerah karena belum menemukan judul skripsi atau belum diterima oleh dosen judul skripsinya. 


Menentukan judul skripsi sebenarnya tidak sesulit itu, lho! Menentukan judul skripsi bisa didapatkan dari sekitar. Penasaran? Yuk, simak 5 tips mendapatkan judul skripsi menarik!


1. Peneltian Sebelumnya


Ilustrasi Penelitian Sebelumnya/hipwee.com

Mendapatkan judul skripsi yang menarik dapat diperoleh melalui penelitian sebelumnya. Cara mudahnya adalah dengan menggunakan skripsi kakak tingkat. Kita bisa berdiskusi dengan kakak tingkat mengenai skripsi yang pernah dilakukan olehnya. Kita bisa menanyakan hal-hal apa yang bisa dikembangkan dan diteliti lebih lanjut dari skripsi kakak tingkat tersebut. 


2. Magang/Kuliah Kerja Praktek (KKP) 


Ilustrasi Laporan Magang atau KKP/understood.org

Tips berikutnya adalah dengan memanfaatkan laporan magang atau KKP yang telah kita buat. Laporan tersebut dapat berisi masalah-masalah yang dapat kita teliti dan kita kembangkan dalam judul skripsi kita. Masalah tersebut tentu dapat menjadi judul skripsi yang menarik karena kita langsung meneliti masalah yang nyata dan lebih kita pahami dibandingkan masalah lain yang masih kita raba-raba gambarannya. 


3. Berdiskusi  dengan Asisten Dosen


Ilustrasi Asisten Dosen/umanitoba.ca

Tips berikutnya adalah berdiskusi dengan asisten dosen maupun asisten laboratorium. Asisten dosen maupun asisten laboratorium tentu lebih memahami persoalan-persoalan terkini yang dapat kita kaji dalam skripsi kita. 



Menentukan judul skripsi dapat kita lakukan dengan membaca buku Panduan Penyusunan Skripsi, Tesis dan Disertasi karya Prof. Dr. Ir. Dermawan Wibisono, M. Eng. Buku panduan ini akan membantu kita dalam menemukan judul skripsi yang menarik karena berisikan panduan yang sangat lengkap. Tidak hanya untuk yang sedang mengerjakan skripsi, tapi juga untuk kita yang sedang mengerjakan tesis dan disertasi.