Andi Publisher > Ekonomi > Praktik Akuntansi Biaya Manufaktur

Praktik Akuntansi Biaya Manufaktur


Rp 122,000








Tanya Produk
Masukkan Keranjang
Beli Sekarang


Saat ini kita berada di zaman di mana Revolusi Industri 4.0 baru saja dimulai, suatu penerapan konsep otomatisasi yang dilakukan oleh teknologi. Dengan kata lain, kita dapat mengatakan selamat tinggal manual dan selamat datang digitalisasi.

Akuntansi biaya merupakan proses pencatatan, penggolongan, serta penyajian biaya yang digunakan selama proses pembuatan dan penjualan produk atau jasa yang dihasilkan sebuah perusahaan dengan metode tertentu. Salah satu kendala perguruan tinggi untuk praktikum akuntansi biaya, khususnya dalam penentuan harga pokok produk, adalah masih menggunakan perhitungan manual, yang selain tidak praktis juga tingginya kesalahan (human error) dan biaya (cost). Dengan kemajuan teknologi komputer, kendala tersebut sekarang sudah teratasi dengan program-program aplikasi yang banyak dijual secara komersial sehingga perusahaan lebih cepat dan mudah mendapatkan informasi harga pokok produk sesuai dengan tahapan produksi.

Di samping itu, banyak perusahaan UMKM yang bergerak dalam bidang industri yang masih menggunakan cara manual dalam menyusun laporan keuangan dapat belajar menggunakan software akuntansi dalam melaksanakan kegiatan pembukuan, khususnya menyusun laporan keuangan dengan mudah dan cepat.

Penggunaan aplikasi software dalam praktik akuntansi biaya adalah keharusan yang tidak dapat ditunda. Hal ini karena sesuai dengan tuntutan otomatisasi biaya seperti yang diinginkan Revolusi Industri 4.0 sekarang ini. Banyak perguruan tinggi telah mulai mengubah pendekatan mata kuliah praktikum kasus akuntansi biaya menjadi praktikum berbasis aplikasi di lab-lab komputer. Accurate Accounting jenis Enterprise merupakan salah satu program aplikasi komputer akuntansi yang banyak digunakan karena memiliki fitur pabrikasi khusus bagi perusahaan manufaktur.

Buku ini ditulis untuk melengkapi literatur buku buku praktik akuntansi biaya menggunakan software yang masih minim beredar di toko buku, dan merupakan buku Accurate yang membahas akuntansi manufaktur menggunakan pendekatan penyelesaian kasus akuntansi secara komperehensif dan tuntas. Buku ini disusun menggunakan program Accurate Enterprise versi 5.

Buku ini dapat digunakan oleh:
- Mahasiswa jurusan Akuntansi Perguruan Tinggi untuk mata kuliah Laboratorium/Praktik Akuntansi Biaya.
- Siswa jurusan Akuntansi Kelas XII SMK Bisnis Manajemen untuk mata pelajaran Praktik Akuntansi Manufaktur.
- Karyawan bagian administrasi produksi yang ingin menguasai aplikasi software akuntansi Accurate.
- Pengusaha UMKM yang bergerak dalam kegiatan produksi.

Tahun Terbit
2022
Penulis
Irsan Lubis & Jasman
ISBN
978-623-7851-05-9
Edisi
I
Halaman
viii+256 hlm
Belum ada ulasan untuk produk ini
Belum ada diskusi untuk produk ini