Andi Publisher > Ilmu Media > ENTOMOLOGI - Untuk Kedokteran Dan Kesehatan

ENTOMOLOGI - Untuk Kedokteran Dan Kesehatan


Rp 144,000



Tanya Produk
Masukkan Keranjang
Beli Sekarang


ENTOMOLOGI - Untuk Kedokteran dan Kesehatan

Penulis: Hebert Adrianto, S.Si, M.Ked. Trop.

Prof. Dr. Sri Subekti Bendryman, drh., DEA

Heny Arwati, Dra., M.Sc., Ph.D.

Prof. Indah S Tantular, dr., M.Kes., Ph.D, Sp. Par.K

Mellyanawati, dr., Sp. DV

Pandu Ishaq Nandana, dr., Sp. U

Mahendra Tri Arif Sampurna, dr., Sp.A (K), Ph.D

Jumari Ustiawaty, S.Si., M.Si

Ngadino, S.Si, M.Psi.

Yohanes Firmansyah, dr.

Natalia Yuwono, dr., M.Ked.Trop.


Ukuran:  16x23


Sinopsis:

Penyakit tular vektor (vector borne disease) merupakan penyakit yang ditularkan melalui perantaraan hewan arthropoda, seperti demam berdarah dengue, malaria, trypanosomiasis, leishmaniasis, filariasis, pes, infestasi kutu kepala, zica, chikungunya, dan lainnya. WHO mengestimasi seperenam dari penyakit dan kecacatan (disabilitas) di dunia disebabkan oleh vektor. Lebih dari satu miliar orang terinfeksi dan lebih dari satu juta orang meninggal setiap tahunnya karena arthropoda. Permasalahan lain, tenaga dan ahli entomolog masih minim di Indonesia. Oleh karenanya, penulis mencoba menyusun buku ajar ini untuk membantu memahami materi dengan mudah dan memberikan inspirasi peluang berkarya di bidang entomolog kepada pembaca.

Garis besar buku ini mengupas 14 bab, membahas pendahuluan, berbagai hewan arthropoda (ordo diptera, siphonaptera, phthiraptera, hemiptera, blattodea, acarina, dan lain-lain), myiasis, surveilans dan monitoring, pengendalian dan resistensi serangga, serta entomologi forensik. Buku ini dilengkapi soal latihan, catatan sejarah, dan video tutorial praktikum identifikasi arthropoda.

Buku ajar ini disusun untuk kuliah, praktikum laboratorium maupun di lapangan, dan penunjang tugas akhir untuk pembaca kalangan D-3 dan S-1 Kedokteran, Entomologi. Teknologi Laboratorium Medik, Kedokteran Gigi, Kesehatan Lingkungan, Analis Kesehatan. Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Keperawatan, Kedokteran Hewan. Selain itu, S-2 Kedokteran Tropis, Kedokteran Dasar, Biomedik, Entomologi Kesehatan. Biologi, maupun pemerhati bidang entomologi dapat membaca buku ini.

Tahun Terbit
2022
Penulis
Hebert Adrianto, S.Si, M.Ked. Trop. dkk
ISBN
ISBN: 978-623-6822-53-1
Edisi
I
Halaman
xviii+222
Belum ada ulasan untuk produk ini
Belum ada diskusi untuk produk ini